Program GenRe menyediakan informasi kesehatan reproduksi seluas-luasnya sehingga tidak terjebak narkoba, HIV/AIDS dan kehamilan yang tidak diinginkan.
Jakarta (ANTARA News) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyatakan bahwa program Generasi Berencana (GenRe) bisa menjauhi remaja dari seks bebas, narkoba serta HIV dan AIDS.

"Program GenRe menyediakan informasi kesehatan reproduksi seluas-luasnya sehingga tidak terjebak narkoba, HIV/AIDS dan kehamilan yang tidak diinginkan," kata Kepala BKKBN, Fasli Jalal, pada acara Seminar Nasional Remaja Berkulitas Indonesia Sejahtera dalam rangka Hari Keluarga Nasional 2014, di Surabaya, Kamis.

Fasli menjelaskan, program GenRe juga mempromosikan penundaan usia perkawinan dan mengutamakan sekolah dan berkarya. Sasaran program GenRe adalah remaja 10 hingga 24 tahun dan belum menikah, mahasiswa-mahasiswi yang belum menikah, keluarga dan masyarakat peduli remaja.

Sementara itu, Deputi Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga BKKBN Sudibyo Alimoeso menambahkan program GenRe adalah dari remaja dan untuk remaja karena sebagian besar konselor adalah remaja yang sudah dilatih terlebih dahulu.

Program GenRe, tambah dia, juga ikut mempromosikan perencanaan kehidupan berkeluarga dengan sebaik-baiknya. Contohnya soal kapan harus menikah, kapan sebaiknya mempunya anak, dan berapa jumlah anak serta lain sebagainya.

"Melalui program GenRe yang komprehensif dapat meningkatkan kualitas remaja yang akan menjadi generasi berkualitas bagi pembangunan," katanya.

(W004)

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014