Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah 100 anak penyandang dan survivor kanker dari Yayasan Onkologi Anak Indonesia turut serta merakit robot yang diselenggarakan dalam rangka Fifa World Cup 2014 bertajuk "Robotic Soccer" di Mal Ciputra, Jakarta.

"Ini adalah pengalaman pertama bagi anak-anak untuk merakit dan melihat langsung permainan robot," kata Ketua YOAI Rahmi Adi Putra Tahir di Jakarta, Jumat.

Rahmi mengatakan, mengenal robot merupakan hal yang penting di tengah kemajuan teknologi komputer saat ini, tanpa terkecuali bagi anak-anak penyandang kanker, yang kerap menghabiskan waktunya di rumah sakit.

Seorang anak survivor atau penyandang kanker yang sudah sembuh Laras Anugrah Sukma (17) mengaku senang dapat berpartisipasi dalam acara tersebut.

Meskipun tidak terlalu menyukai permainan robot, namun survivor kanker ovarium tersebut mengatakan kehadirannya dalam acara tersebut dapat menambah wawasannya tentang dunia robot.

"Sebenarnya saya tidak terlalu suka robot, tapi saya jadi tahu beberapa jenis robot dengan datang ke sini. Jadi, saya senang," kata Laras, yang pernah dua kali mengikuti kemoterapi ini.

Sementara itu, Direktur Robotic Explorer Jully Tjindrawan mengatakan bahwa permainan robot dapat menggali potensi dan membimbing anak-anak Indonesia untuk mencintai dan mempelajari ilmu robotika, yang menjadi mata pelajaran inti di hampir seluruh dunia.

"Selain untuk mengikuti perkembangan teknologi yang semakin canggih, mengenal dan merakit robot juga dapat menggali imajinasi dan kreatifitas anak dalam menciptakan sebuah robot," kata Jully.(*)

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014