Jakarta (ANTARA News) - Memphis Depay membalikkan keadaan 3-2 untuk Belanda setelah melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti yang tak bisa dihadang kiper Maty Ryan pada menit 68.

Menerima umpan, Depay melelaskan bola dari jarak 25 yard ke lorong terbuka di antara bek Australia yang langsung mengarah agwang Ryan. Kiper Australia sempat menyentuh bola namun dengan cepat bola masuk ke gawangnya. Ini adalah gol pertama Depay untuk Belanda.

Mile Jedinak sempat membawa Australia unggul 2-1 pada menit 54 babak kedua laga kedua tim di Estadio Beira-Rio di Porto Alegre, setelah sukses mengeksekusi tendangan penalti menyusul hand ball bek Belanda di kotak penalti yang berusaha menghadang tendangan striker Tim Cahill.

Namun empat menit kemudian Robin van Persie menyamakan kedudukan menjadi 2-2 usai menerima umpan terusan Memphis Depay.

Jedinak melepaskan tendangan lewat kaki kanannya yang mengarah sudut kiri bawah gawang Belanda yang dijaga Jasper Cillessen. Tapi gol dari titik penalti ketujuh pada Piala Dunia 2014 ini hanya bertahan empat menit karena disamakan oleh Robin van Persie.

Australia nyaris menciptakan keunggulan ketika upaya Mathew Leckie usai menerima umpan Tommy Oar diblok barisan pertahanan  Belanda.

Pada babak pertama, dua gol tercipta dalam kurun satu menit dari gelandang serang Belanda Arjen Robben dan striker Australia Tim Cahill sehingga kedua tim berbagi skor 1-1 pada babak pertama

Robben mencetak gol lebih dulu pada menit 20 ketika dia menerima umpan sejak daerah pertahanan Belanda dari Daley Blind yang dibawanya melewati bek Alex Wilkinson dan sprint membawa bola melewati para bek Australia lainnya untuk diakhirinya dengan tembakan keras yang tak bisa ditahan  kiper Australia Maty Ryan.

Ini adalah gol ketiga Robben pada Piala Dunia 2014 di Brasil setelah pekan lalu menciptakan dua gol ke gawang Spanyol.

Satu menit kemudian, Australia menyamakan kedudukan pada menit 21 lewat Tim Cahill yang melepaskan tendangan voli spektakuler melewati kiper Belanda Jasper Cillessen usai menerima umpan jauh dari Ryan McGowan di sektor kanan Australia.

Cahill yang merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang masa timnas Australia, kini sudah menciptakan dua gol untuk Australia pada Piala Dunia kali ini setelah menciptakan satunya lagi saat melawan Chile.

Susunan pemain
Australia
: Maty Ryan; Jason Davidson, Matthew Spiranovic, Ryan McGowan, Alex Wilkinson; Mathew Leckie, Tommy Oar, Mile Jedinak, Matt McKay, Mark Bresciano; Tim Cahill

Belanda: Jasper Cillessen; Ron Vlaar, Stefan de Vrij, Bruno Martins Indi (Memphis Depay); Daley Blind, Nigel de Jong, Daryl Janmaat, Jonathan de Guzman, Wesley Sneijder; Robin van Persie, Arjen Robben

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014