Jakarta (ANTARA News) - Bermain dengan kelebihan satu pemain dan menyerang sepanjang pertandingan tidak bisa membuat Jepang memenangi laga Grup C melawan Yunani di Estadio das Dunas Natal, yang harus berakhir seri 0-0.

Setelah pemain Yunani Kostas Mitroglou gagal memanfaatkan peluang pada menit-menit awal, Atsudo Uchida menguji kembali pertahanan Yunani namun dengan cermat kiper Yunani Orestis Karnezis mengamankan gawangnya.

Dua menit kemudian Yuya Osaka yang mencoba melakakukan penetrasi berbahaya, namun kembali Karnezis mementahkannya dengan tangan kirinya.

Pada menit 29, giliran Keisuke Honda yang hampir mencetak gol lewat tendangan bebas. Karnezis kembali mementahkan upaya Jepang ini.

Kemudian, pukulan hebat menimpa Yunani ketika pada menit 38 kapten Kostas Katsouranis mendapatkan kartu kuning kedua sehingga diusir dari lapangan. Pelanggaran terakhir dia adalah sengaja mengambil kaki kapten Jepang Makoto Hasebe.

Yunani masih berusaha melawan untuk menyerang dan Vasileios Torosidis mendapatkan ruang di tepi kotak penalti Jepang. Setelah menerima bola muntah dia melepaskan tembakan keras namun Kawashima terbang mencegah arah bola ke kiri dan menghalaunya. Kedudukan 0-0 sampai akhir babak pertama.

Menukar Hasebe dengan Yasuhito Ende sejak awal babak kedua, Jepang menggempur Yunani dengan kelebihan satu pemain, tetapi Yunani berjuang habis-habisan melawan serbuan para pemain Jepang.

Setelah Yunani mencoba mengancam Jepang lewat sepakan kaki kanan usai menerima asssit Theofanis Gekas dan upaya gagal Yasuhito Endo yang tendangannya diblok Orestis Karnezis, Jepang memasukkan  Shinji Kagawa pada menit 57.

Kendati Jepang terus menekan dan saat bersamaan kekurangan satu pemain, Yunani sempat melawan dengan beberapa kali mengancam melalui sundulan Theofanis Gekas dan tendangan Panagiotis Kone pada menit 60, namun semuanya melenceng dari gawang Jepang.

Setelah itu banjir serangan Jepang bertubi-tubi menerjang pertahanan Yunani, mulai dari tendnagan kaki kiri Keisuke Honda dan sundulan Shinji Okazaki yang keduanya dimentahkan Karnezis.

Setelah itu Yoshito Okubo menciptakan salah satu peluang terbaik pada menit 68 usai mengoptimalkan kreasi apik dari Atsuto Uchida dan Shinji Kagawa.

Tiga menit kemudian Uchida juga menciptakan peluang usai memanfaatkan kelengahan Sokrati, dan lalu pada menit 77 Karnezie memblok tembakan Uchida.

Peluang terbaik terakhir Jepang tercipta pada dua menit terakhir ketika Torosidis menjatuhkan Shinji Okazaki untuk menciptakan tendangan bebas, namun Karzenis lagi-lagi menyelamatkan gawang dengan mementahkan tendangan Endo. Kedudukan 0-0 pun bertahan sampai laga usai.

Jepang menguasai lapangan dengan 68 persen penguasaan bola dan mendominasi umpan dengan 561 berbanding 143 yang diciptakan Yunani.

Menurut statistik FIFA, Jepang melepaskan 61 serangan berbahaya dengan 16 upaya gol yang 11 diantaranya tepat menyasar target.

Hasil seri tanpa gol ini memberatkan kedua tim karena pada pertandingan terakhir mereka harus berhadapan dengan Kolombia yang sudah memastikan melaju ke 16 Besar dan Pantai Gading yang mengimbangi Kolombia pada pertandingan keduanya serta sudah mengumpulkan tiga poin.

Susunan pemain:
Jepang:
Eiji Kawashima ; Atsuto Uchida, Yuto Nagatomo, Yasuyuki Konno, Maya Yoshida; Keisuke Honda, Shinji Okazaki, Yoshito Okubo, Hotaru Yamaguchi, Makoto Hasebe (Yasuhito Endo); Yuya Osako (Shinji Kagawa)

Yunani: Orestis Karnezis; Kostas Manolas, Vasileios Torosidis, Sokratis Papastathopoulos, José Cholevas; Ioannis Maniatis, Panagiotis Kone (Dimitris Salpingidis), Kostas Katsouranis (kartu merah); Giorgos Samaras, Kostas Mitroglou (Theofanis Gekas), Ioannis Fetfatzidis (Giorgos Karagounis)


Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014