Jakarta (ANTARA News) - Bekas kediaman Walt Disney di Los Angeles telah terjual 74 juta dolar Amerika Serikat (AS) pada seorang pembeli internasional yang identitasnya dirahasiakan, demikian menurut orang-orang yang mengetahui dengan kesepakatan jual-beli tersebut.

Properti Carolwood Drive di Holmby Hills ditawarkan dalam daftar seharga 90 juta dolar AS oleh agen properti Jay Harris dan Mauricio Umansky.

Penjual rumah itu adalah penanam modal Gabriel Brener yang ikut memiliki klub sepak bola AS Houston Dynamo.

Sebelumnya, Gabriel membeli properti dari kediaman istri Walt Disney di akhir tahun 1990-an dengan harga hampir mencapai 8,5 juta dolar AS, memugarnya dan mendapat banyak lahan kosong. Dia membangun sebuah rumah batu kapur di properti itu dengan luasan hampir 4 hektar. Sayangnya, menurut situs wallstreetjournal, Gabriel tidak bisa dihubungi untuk memberikan komentar.

Rumah seluas kira-kira 35.000 kaki persegi itu memiliki delapan kamar tidur dan 17 kamar mandi, termasuk kamar utama di lantai utama. Ada kolam renang, sebuah gudang anggur, lapangan tenis dan hamparan lapangan rumput.

Walt Disney membeli properti itu di tahun 1949 dan tinggal di sana sampai meninggal dunia, menurut Michael Campbell, presiden Sejarah Masyarakat Carolwood Pacific.

Walt Disney memilih properti ini dengan tujuan untuk membangun kereta api uap berskala satu seperdelpan mengelilingi rumah, kata Michael.

Hasilnya, "Rel Kereta Api Carolwood Pacific" memiliki panjang 90-kaki, ada terowongan berbentuk huruf "S" dan jembatan sepanjang sembilan kaki melintang di udara. Kereta api adalah salah satu inspirasi terciptanya taman Disneyland.

Kereta api dan relnya sudah dipindahkan, tapi terowongannya tetap ada di properti, dengan gapura batu terukir dengan tanggal "1950."

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014