Yang pertama adalah membangun sentra perikanan, ada 100 sentra perikanan yang kita bangun, dan dibangun cold storage,"
Jakarta (ANTARA News) - Calon presiden nomor urut dua Joko Widodo menargetkan pembangunan sekitar 100 sentra perikanan di seluruh Indonesia yang dilengkapi gudang pendingin atau "cold storage" untuk memberdayakan nelayan bangsa ini.

"Yang pertama adalah membangun sentra perikanan, ada 100 sentra perikanan yang kita bangun, dan dibangun cold storage," ujar Joko Widodo dalam dialog Kadin capres-cawapres di Jakarta, Jumat.

Ia berharap pembangunan sentra perikanan dan maritim Indonesia harus melibatkan nelayan.

"Silahkan dunia usaha membangun pabrik pengalengan ikan tapi libatkan nelayan kita, beri harga yang paling baik sehingga dapat meningkatkan produksinya," ujar dia.

Terkait masalah permodalan, ia mengatakan harus ada bank agro maritim yang khusus pembiayaan bagi nelayan.

"Ada banyak nelayan yang mengeluhkan mesin motornya yang 10 tahun tidak diganti, pemerintah harus bantu itu. Kemudian masalah permodalan, ke depan harus ada bank agro maritim yang khusus pembiayaan ke sana," kata dia.

Berkaitan dengan illegal fishing, ia mengatakan pihaknya akan membangun drown (pelampung) sehingga dapat melihat titik mana yang melakukan penangkapan ikan secara ilegal.

"Berkaitan dengan illegal fishing, sebab itu kita ingin membangun drown sehingga bisa melihat titik mana yang illegal fishing sehingga gebuknya itu dapat kelihatan," kata dia.

Pemilu Presiden, 9 Juli 2014 diikuti dua pasangan capres dan cawapres, yaitu Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

(T.A063/B/S025/C/S025) 20-06-2014 21:56:20

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014