Ini kado untuk warga Jakarta dan berlaku di semua koridor...
Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggratiskan layanan bus Transjakarta di seluruh koridor selama peringatan ulang tahun kota mulai Sabtu (21/6) pukul 18.00 WIB hingga Minggu (22/6) pukul 22.00 WIB.

"Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kota Jakarta ke-487, warga yang ingin beraktifitas menggunakan bus Transjakarta tidak akan dikenai biaya tiket alias gratis. Ini kado untuk warga Jakarta dan berlaku di semua koridor," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Muhammad Akbar di Jakarta, Sabtu.

Selain itu, ia melanjutkan, bus Transjakarta Koridor I (Blok M-Kota), Koridor III (Harmoni-Kalideres) dan Koridor IX (Pinang Ranti-Pluit) akan beroperasi 24 jam penuh selama 21 hingga 22 Juni 2014.

"Jadi, konsepnya sama seperti angkutan malam hari Transjakarta. Bus di ketiga koridor tersebut akan beroperasi selama 24 jam, sehingga warga tidak perlu khawatir dengan akses transportasi umum," ujar Akbar.

Ia menjelaskan pula bahwa akan ada penyesuaian waktu operasional bus Transjakarta Koridor Blok M-Kota dan Pulogadung-Harmoni selama kegiatan Jakarta Night Festival (JNF) malam ini.

Bus jalur Blok M-Kota mulai beroperasi pukul 15.00 hingga 23.00 WIB dan rutenya diperpendek jadi hanya melalui Kota-Harmoni (berputar di simpang Harmoni) dan rute Blok M-Setiabudi (berputar setelah Halte Setiabudi).

Sedangkan untuk jalur Pulogadung-Hamoni, bus beroperasi pukul 15.00 hingga 23.00 WIB dengan rute mulai dari Halte Harmoni melewati Halte Pecenongan-Halte Juanda-Halte Pasar Baru-Jalan Pejambon-Halte Kwitang dan seterusnya menuju Pulogadung. Bus tidak akan melewati Halte Monas, Halte Balai Kota, Halte Gambir 1 dan Halte Gambir 2.

"Kami mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar dapat menyesuaikan diri dengan pengaturan lalu lintas yang diterapkan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan dan mengutamakan keselamatan di jalan," ungkap Akbar.

Pemerintah DKI Jakarta juga mengimbau seluruh pengelola gedung dan mal di sepanjang lokasi JNF memberitahu pengunjung supaya hadir sebelum pukul 17.00 WIB mengingat saat itu sepanjang Jalan MH Thamrin akan ditutup total dan penutupan secara situasional dilakukan di ruas Jalan Sudirman (Jembatan Semanggi hingga Dukuh Atas).

JNF akan berlangsung malam ini di sepanjang Jalan MH Thamrin, dari Bundaran Patung Kuda hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI) mulai pukul 19.00 hingga 23.00 WIB.

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014