Jakarta (ANTARA News) - Tim Panser Jerman selangkah lagi untuk mengkonfirmasi kehadirannya pada babak 16 besar Piala Dunia 2014 ketika mereka menghadapi Ghana di Stadion Castelao, Fortaleza, Sabtu (Minggu dinihari WIB) ini.

Kemenangan tim asuhan Joachim Low di Fortaleza akan mengantar mereka melewati babak kualifikasi menuju fase gugur setelah kemenangan besar 4-0 atas Portugal pada laga putaran pembuka.

Hat-trik Thomas Muller yang ditambahi sebuah gol Mats Hummels mempertontonkan bahwa Jerman telah mengawali kompetisi dengan sempurna, sedangkan Portugal tenggelam di dasar klasemen Grup G.

Sementara Ghana tampil lebih lamban saat memulai kompetisi ketika mereka kebobolan di menit-menit awal dalam laga perdananya melawan Amerika Serikat.

Clint Dempsey mencetak skor hanya beberapa saat setelah kick off untuk tim asuhan Jurgen Klinsmann tapi menit 82 gol dari Andrew membuat Black Stars mampu mengimbanginya.

Dan hanya gol internasional pertama John Brooks yang telah mengamankan kemenangan 2-1 untuk Amarika.

Jerman telah memenangi dua kali pertemuan dengan Ghana sebelumnya, menang 6-1 pada satu pertandingan persahabatan 1993 dan 1-0 pada penyisihan grup Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, meskipun semua tujuh gol yang diciptakannya melawan negara Afrika itu terjadi pada menit-menit akhir.

Dalam kancahnya di Piala Dunia, Ghana tidak pernah gagal mencapai babak 16 besar, tapi pelatih Kwesi Appiah paham bahwa kubunya harus bermain lebih bagus untuk mempertahankan prestasinya.

Jika tidak, Jerman bisa tidak berubah dan Muller akan bersemangat untuk memanfaatkan kiprah awalnya yang bagus dalam perjalanannya untuk Bola Emas.

Demikian pula Appiah, mungkin akan melanjutkan formulanya untuk pertandingan kedua. Jika tidak ada perubahan, ia mungkin akan memainkan gelandang Chelsea Michael Essien menjadi salah satu andalan.

Head to head


- Jerman telah memenangi dua pertandingan sebelumnya melawan Ghana 6-1 di laga persahabatan 1993 dan 1-0 pada penyisihan grup Piala Dunia empat tahun lalu.

- Semua tujuh gol Jerman melawan Ghana tercipta setelah 60 menit pertandingan.

Fakta-fakta tim


Jerman

- Satu-satunya kekalahan Jerman dalam enam pertandingan sebelumnya melawan tim Afrika di Piala Dunia hanyalah saat menghadapi Aljazair pada 1982
- Jerman hanya kalah sekali dalam 19 pertandingan babak penyisihan grup di Piala Dunia, kalah 0-1 dari Serbia pada 2010.
- Jerman telah mengawali langkahnya dalam tujuh Piala Dunia dengan kemenangan, tapi mereka hanya menang sekali dalam pertandingan kedua kualifikasi grup sejak 1994--melawan Polandia pada 2006.
- Miroslav Klose sekarang telah menciptakan 14 gol Piala Dunia--hanya pemain Brasil Ronaldo yang mengunggulinya dengan 15 gol.
- Thomas Muller telah mencetak delapan gol dalam tujuh pertandingan Piala Dunia, tujuh di antaranya dalam menit-menit akhir.
- Per Mertesacker akan menjadi orang Jerman ke-13 yang tampil ke-100 kali dalam Piala Dunia.

Ghana

- Empat dari enam gol terakhir Ghana di Piala Dunia telah tercipta dari tendangan bebas, termasuk dalam laga pembuka lalu melawan Amerika Serikat.
- Ghana telah menciptakan 21 tembakan saat menghadapi Amerika Serikat tapi hanya tiga yang mencapai target (ke arah gawang).
- BLack Stars telah memenangi hanya empat dari 11 pertandingan yang telah dilakoninya di Piala Dunia.

Perkiraan susunan pemain dan formasi

Germany (formasi 4-3-3): Neuer; Boateng, Mertesacker, Mustafi, Höwedes; Kroos, Lahm, Schweinsteiger; Özil, Müller, Götze.

Masih ujicoba: Hummels (cedera paha).

Ghana (formasi 4-2-3-1): Dauda; Opare, Mensah, Boye, Asamoah; Essien, Muntari; Atsu, Boateng, Ayew; Gyan.

Wasit: Sandro Ricci (Brasil).

Prediksi skor


Jerman 3-0 Ghana (Goal)
Jerman 3-1 Ghana (Telegraph)
Jerman 3-0 Ghana (Sky Sports).

(*)

Pewarta: -
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014