Jakarta (ANTARA News) - "Tiki-taka" masih hidup ketika juara bertahan Spanyol yang sudah tersisih, menciptakan tiga gol yang semuanya dirancang lewat umpan satu dua yang menjadi khas filosofi sepak bola menyerang Spanyol itu ke gawang Australia pada laga terakhir mereka di Grup B di Arena da Baixada, Curitiba, malam ini.

Dua gol Spanyol itu diciptakan oleh dua pemainnya yang bermain di Liga Utama Inggris, sedangkan gol perdana mereka tercipta pada babak pertama lewat kaki David Villa.

Spanyol yang terus membombardir Australia tanpa jeda sampai pertandingan ini berakhir, sepertinya sudah melupakan duka tersisih dari Piala Dunia 2014 dengan mengawali tiga gol cantik mereka pada menit 36 babak pertama dari kreasi apik Juanfran dan David Villa.

Usai menyambut umpan Juanfran dan melewati Mile Jedinak, Villa menari dengan menyepakkan bola dengan tumitnya untuk melewati kiper Australia Maty Ryan dan masuk gawang.

Ini adalah satu-satunya gol yang tercipta pada babak pertama dan merupakan satu dari lima peluang on target Spanyol yang sukses dikonversi menjadi gol sepanjang babak pertama.

Pada babak kedua, gol kedua tercipta pada menit 69 setelah rangkaian serangan berlanjut sejak awal babak kedua. Andres Iniesta melepaskan umpan di antara lorong pertahanan Australia guna disambut Fernando Torres dengan sebuah tendangan pelan yang dilepaskan tenang sekali untuk melewati Maty Ryan.

Ini adalah gol pertama Torres pada Piala Dunia sejak dia melakukannya di Jerman pada 2006.

Pada menit 83, giliran Juan Mata yang menciptakan gol setelah mendapat umpan terukur dari Cesc Fabregas. Pemain Manchester United itu mengontrol bola dan dengan tenang menceploskannya di antara dua kaki kiper Maty Ryan.

Sampai babak ini selesai, kedudukan tetap 3-0 untuk Spanyol.  Hasil ini sendiri membuat Spanyol menempati peringkat tiga Grup B di bawah Belanda dan Chile dengan nilai 3, sedangkan Australia menjadi juru kunci dengan nol.

Susunan pemain:
Australia:
Maty Ryan; Jason Davidson, Matthew Spiranovic, Ryan McGowan, Alex Wilkinson; Mathew Leckie, Tommy Oar (James Troisi), Oliver Bozanic (Marc Bresciano), Mile Jedinak, Matt McKay; Adam Taggart (Ben Halloran)
 
Spanyol: Pepe Reina; Raúl Albiol, Juanfran, Sergio Ramos, Jordi Alba; Andrés Iniesta, Xabi Alonso (David Silva), Koke; David Villa (Juan Mata), Fernando Torres, Santi Cazorla (Cesc Fabregas)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014