Brasilia (ANTARA News) - Penyerang Brasil, Neymar Jr, mengemas dwigol untuk membawa Brasil sementara unggul 2-1 atas Kamerun hingga babak pertama berakhir di Estadio Nacional Brasilia, Selasa pagi WIB.

Gol Neymar tersebut dicetaknya pada menit 17 dan 35, sementara Kamerun sempat membalas lewat gelandang Joel Matip.

Apabila kedudukan tersebut bertahan hingga pertandingan berakhir, maka Brasil akan menempati peringkat puncak klasemen akhir Grup A Piala Dunia 2014 dengan mengemas tujuh poin dari tiga pertandingan.

Sementara di Recife, dua tim penghuni Grup A yang lainnya, Meksiko dan Kroasia, juga baru menyudahi babak pertama masih dengan kedudukan imbang tanpa gol.

Sejak awal pertandingan, tampil di Stadion Nasional mereka sendiri Brasil melancarkan serangan yang memaksa barisan pertahanan Kamerun bekerja serius, pun demikian hingga 10 menit pertama Selecao belum mampu melepaskan tendangan tepat ke gawang.

Di sisi lain, Kamerun yang bermain tanpa beban justru terlihat lepas dengan fondasi disiplin pertahanan dan upaya serangan balik sempat menebarkan ancaman di wilayah pertahanan Brasil.

Neymar akhirnya sukses membawa Brasil unggul lewat golnya pada menit 17.

Gol tersebut berawal dari keberhasilan Marcelo mencuri bola dari sisi kanan pertahanan Kamerun dan melepaskan bola kepada Neymar yang memiliki ruang tembak.

Neymar tidak membuang bola matang itu dan menyepak dengan kaki kanannya menaklukkan penjaga gawang Charles Itandje.

Meski Brasil terus menyerang, sembilan menit berselang Kamerun justru berhasil menyamakan kedudukan lewat gelandang Joel Matip menjadi 1-1 pada menit 26.

Gol tersebut berasal dari upaya Allan Nyom menembus penjagaan Dani Alves di sisi kanan pertahanan Brasil, meski sempat terblok umpan pertamanya, ia mampu melepaskan umpan ke tengah kotak penalti.

Bola matang Nyom disambut dengan baik oleh Matip yang menceploskan bola ke gawang Julio Cesar.

Ogah malu di hadapan publik sendiri, Brasil segera kembali menyusun serangan-serangan berbahaya di hadapan gawang Kamerun.

Upaya Brasil membuahkan hasil, kala Neymar mencetak gol kedua yang membawa mereka kembali memperoleh keunggulan 2-1 pada menit 35.

Neymar melakukan akselerasi dari sayap kiri untuk menaklukan beberapa pemain bertahan ke jantung pertahanan Kamerun dan menendang bola dengan keras tak jauh setelah ia melewati garis kotak penalti lawan.

Bola tendangan keras Neymar untuk kedua kalinya sukses menaklukkan Itandje.

Kedua tim sama-sama berusaha membahayakan gawang satu sama lain, namun kedudukan 2-1 masih bertahan hingga wasit meniup peluit tanda babak pertama berakhir.

Berikut susunan lengkap pemain yang diturunkan kedua tim berdasarkan laman FIFA.

Kamerun: Charles Itandje (PG), Nikolas Nkoulou (K), Alan Nyom, Henri Bedimo, Stephane Mbia, Joel Matip, Eyong Enoh, Landry Nguemo, Benjamin Moukandjo, Vincent Aboubakar, Eric Choupo-Moting

Brasil: Julio Cesar (PG), Dani Alves, Marcelo, Thiago Silva (K), David Luiz, Luis Gustavo, Paulinho, Oscar, Hulk, Neymar Jr, Fred

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014