Dampingi Belgia, Aljazair pertama kali jejak 16 Besar

Dampingi Belgia, Aljazair pertama kali jejak 16 Besar

Para pemain Aljazair (dari kiri) bek Aissa Mandi, penyerang Madjid Bougherra, gelandang Saphir Taider dan penyerang Nabil Ghilas berselebrasi usai menahan imbang Rusia 1-1 dan berhasil lolos ke 16 Besar pada laga terakhir Grup H Piala Dunia 2014 di Baixada Arena, Curitiba (26/6). AFP PHOTO/KIRILL KUDRYAVTSEV

Jakarta (ANTARA News) - Aljazair akan menjejakkan kaki mereka untuk pertama kalinya di babak 16 Besar Piala Dunia, setelah memastikan diri mendampingi Belgia dari Grup H berkat hasil imbang 1-1 melawan Rusia di Curitiba, Jumat pagi WIB.

Capaian tersebut merupakan prestasi tersendiri Tim Rubah Gurun itu dalam empat kali keikutsertaan mereka di putaran final Piala Dunia, setelah terhenti di babak penyisihan grup pada edisi 1982, 1986 dan 2010.

Selain itu, Aljazair adalah tim paling produktif di Grup H dengan mencetak enam gol dalam tiga pertandingan, melebih koleksi empat gol yang dimiliki pemuncak klasemen, Belgia.

Akan tetapi, kegembiraan anak-anak asuhan Valid Halilhozic tidak bisa berlarut-larut, karena mereka akan segera menghadapi tim tradisional unggulan turnamen, Jerman, yang berstatus juara Grup G di Porto Alegre, Senin WIB pekan mendatang.

Sementara itu, Belgia, menjadi tim keempat yang menyapu bersih tiga laga babak penyisihan grup di Brasil setelah Belanda, Kolombia dan Argentina.

Belgia menang 2-1 atas Aljazair, 1-0 atas Rusia dan menutupnya dengan kemenangan 1-0 atas Korea Selatan meski bermain dengan 10 orang setelah Steven Defour sepanjang babak kedua.

Sama dengan Aljazair, Belgia juga menorehkan sebuah catatan baru dalam Piala Dunia kali ini, yakni untuk pertama kalinya memenangi tiga laga penyisihan grup dalam 11 kali keikutsertaan mereka.

Selain itu, terdapat tren yang patut disoroti di kubu Belgia yakni gol-gol yang mereka ciptakan selalu lahir di babak kedua, lebih tepatnya pada 20 menit terakhir pertandingan.

Capaian itu bisa menjadi modal positif bagi Belgia, yang mungkin akan berpeluang untuk menyamai atau bahkan melampaui prestasi mereka mencapai semifinal edisi 1986.

Lawan selanjutnya yang harus ditaklukkan tim asuhan Marc Wilmots untuk mewujudkan hal itu adalah Amerika Serikat yang maju ke babak 16 Besar sebagai runner up Grup G meski pada laga ketiga mereka dikalahkan Jerman 0-1.

Berikut hasil lengkap dan klasemen akhir Grup H berdasarkan laman FIFA.

(17 Juni) Belgia 2 - Aljazair 1
(17 Juni) Rusia 1 - Korea Selatan 1
(22 Juni) Belgia 1 - Rusia 0
(22 Juni) Aljazair 4 - Korea Selatan 2
(26 Juni) Belgia 1 - Korea Selatan 0
(26 Juni) Aljazair 1 - Rusia 1

Klasemen akhir (tim, main, menang, seri, kalah, selisih gol, poin)

Grup H


NegaraMainM
  S
  K SGPoin
33 0 049
31 1 164
30 2 122

3

0

 1

 2

3

1

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Komentar