Kami sudah melebihi harapan ... mengingat kami berada di grup neraka
Los Angeles (ANTARA News) - Penggemar sepak bola Amerika Serikat (AS) tumpah ruah dalam kegembiraan di seluruh negeri, Kamis waktu setempat, setelah tim mereka mencapai putaran berikutnya pada Piala Dunia sehingga memicu gelombang popularitas olahraga tersebut.

Massa Berkumpul di bar, pub dan di depan layar besar di ruang terbuka di seluruh negeri untuk menyaksikan tim AS melawan Jerman -- AS kalah namun berhasil lolos ke babak 16 besar di Brasil.

Para penggila sepak bola itu bahkan tampaknya memukul Wall Street, di mana volume perdagangan turun sekitar 10 persen selama pertandingan tersebut, yang dimulai siang hari di Pantai Timur AS - menjadi alasan sempurnya untuk istirahat makan siang yang panjang.

Dan Presiden Obama memuji majunya tim AS ke babak berikutnya, dengan mengatakan:"kita tidak bisa lebih bangga dibanding mereka... Mereka tidak gentar dan dalam prosesnya banyak orang jadi percaya."

Di Los Angeles, bir menjadi sarapan di pub bertema Jerman Red Lion, tempat fans dari kedua negara berkumpul untuk menyaksikan pertandingan tersebut, yang memastikan kedua negara lolos ke 16 besar.

"Ini cukup mengesankan, mengingat kami bukan negara sepak bola sama sekali," kata Zach Fuhr (23) kepada AFP, sambil memegang segelas bir di taman pub yang padat, di lingkungan "hipster" Silver Lake LA.

"Kami sudah melebihi harapan ... mengingat kami berada di grup neraka," tambahnya, mengacu pada grup yang juga terdapat Portugal dan Ghana di dalamnya itu.

Pemain Jerman Thomas Mueller mencetak gol untuk membawa tim asal Eropa itu menang 1-0
atas AS.

Namun tim AS juga melaju ke babak sistem gugur, setelah Portugal meraih kemenangan 2-1 atas Ghana namun tidak cukup untuk menggeser posisi AS dari tempat kedua Grup G.

Data pemirsa televisi belum tersedia, namun pertandingan AS sebelumnya melawan Portugal pada Minggu malam menarik hampir 25 juta pemirsa. Angka ini melebihi penonton final NBA atau bisbol World Series--dua olahraga andalan AS.

Ini adalah keempat kalinya tim AS berhasil melewati babak penyisihan grup di Piala Dunia. Penampilan terbaik mereka adalah maju ke perempat final pada 2002.

Selanjutnya AS akan melawan Belgia pada 1 Juli, pada putaran pertama sistem gugur turnamen tersebut.
(F005)

Penerjemah: Fitri Supratiwi
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014