Beijing (ANTARA News) - Sejumlah nelayan Tiongkok hilang setelah sebuah kapal pukat tenggelam di perairan di sebelah utara kepulauan yang disengketakan dengan Jepang di Laut Tiongkok Timur, kata media pemerintah Jumat.

Kapal itu tenggelam di perairan utara Kepulauan Diaoyu atau Senkaku pada Jumat sekitar pukul 8:50 pagi menurut sumber Angkatan Laut People's Liberation Army (PLA) yang dikutip kantor berita Xinhua.

Penyebab kecelakaan itu belum diketahui. Dua kapal penyelamat Angkatan Laut Tiongkok menuju ke lokasi kejadian.
Sengketa atas kepulauan yang saat ini berada di bawah kendali Jepang, tempat kapal-kapal Tiongkok dan Jepang seringkali kucing-kucingan, menimbulkan kekhawatiran akan terjadinya bentrokan antara dua kekuatan Asia itu yang juga bisa melibatkan Amerika Serikat.

Langkah Tiongkok menetapkan zona pertahanan udara pada November yang meliputi sebagian besar Laut China Timur meningkatkan kekhawatiran bahwa insiden kecil bisa membesar dengan cepat.


Tiongkok juga mengklaim hampir semua kawasan Laut China Selatan dan menolak klaim dari Vietnam, Filipina, Taiwan, Malaysia dan Brunei di bagian perairan yang lain, dalam salah satu sengketa paling rumit di Asia. (Uu.S022)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014