Jakarta (ANTARA News) - Asuransi Bumiputera kembali buktikan performanya setelah meraih pengargaan perunggu pada Indonesia WOW Brand 2014 untuk Kategori Asuransi Kesehatan.

Hal ini buktikan bahwa performa Asuransi Bumiputera tetap terbukti dari masa ke masa dan produk asuransi ini masuk dalam kategori WOW.

Penghargaan ini diserahkan pihak Markplus, yang diwakili oleh Roy Sparringa Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) didampingi Hermawan Kartajaya, Founder & CEO Markplus Incorporation dan diterima oleh Ediani Nugrohowati - Kepala Departemen Komunikasi Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912, di JS Luwansia, Hotel Kuningan, Jakarta, Rabu (25/6).

Pasca menerima penghargaan, Ediani mengucapkan terima kasih pada masyarakat dan nasabah yang terus mempercayakan Asuransi Bumiputera sebagai bagian dari masa depan mereka. Sebagai salah satu perusahaan asuransi tertua di Indonesia, Asuransi Bumiputera telah berkontribusi bagi tumbuhnya ekonomi Indonesia selama lebih dari satu abad.

“Penghargaan ini adalah pemicu kami untuk tetap waspada dan terus berikan performa terbaik. Kami menyadari bahwa Asuransi Bumiputera mendapat sorotan karena jadi satu-satunya perusahaan asuransi yang berbentuk usaha bersama (mutual). Sehingga tantangan kami berbeda dengan perusahaan asuransi lain yang berbentuk PT. Penghargaan ini jadi bukti bahwa kami terus berkomitmen menjadi perusahaan asuransi yang sehat”, tambah Ediani.

Indonesia WOW Brand 2014 digelar sebagai rangkaian penghargaan untuk merek-merek yang dinilai WOW dari berbagai industri. Lewat penghargaan yang sudah bertahun-tahun digelar ini, Markplus ingin memberikan standar atau tolak ukur bagi para marketeers dengan memberikan perspektif baru dalam menilai sebuah brand.

Salah satu poin penilaian yang menjadi pembeda pada Indonesia WOW Brand 2014 sendiri adalah seberapa jauh konsumen secara sadar maupun tidak sadar tergerak untuk merekomendasikan suatu brand pada orang lain.
Konsumen dalam hal ini dilihat sebagai nasabah aktif yang tidak sekedar menggunakan suatu produk, tetapi juga menyebarkan informasi atas produk dan menarik konsumen lain untuk menggunakan produk, setelah merasakan manfaat dari produk tersebut.
 
“Lewat konsep “WOW” ini, kami bisa menguji sejauh mana nasabah kami puas atas pelayanan dan jasa yang kami berikan. Dari konsep ini, kami bisa belajar apa yang nasabah tangkap dari brand, menganalisis setiap masukan, dan merumuskan langkah tindak lanjut untuk meningkatkan kinerja. Informasi ini tentu berguna bagi tim pemasaran untuk membuka peluang baru penetrasi pasar, serta dapat disebarluaskan kepada seluruh agen, supervisor maupun pemegang polis dengan tujuan akan meningkatkan advokasi masyarakat umum untuk menggunakan brand Asuransi Bumiputera,” tambah Prasetya M. Brata - Direktur AJB Bumiputera 1912, saat ditemui di Kantor Pusat  Asuransi Bumiputera.
 
Penilaian Indonesia WOW Brand 2014 mengadopsi tahap penerimaan konsumen terhadap sebuah brand, yang terdiri dari tahap Kenal (Aware), Tertarik (Appeal), Cari Tahu (Ask), Beli (Act), dan terakhir adalah Rekomendasi (Advocate).

Pemberian penghargaan ini berdasarkan hasil survei oleh MarkPlus Insight terhadap 1.000 responden dari 10 kota di Indonesia dengan menggunakan teknik sampling, baik multi - stage random sampling dan sebagian booster sampling, dengan penggunaaan atribut yang menggambarkan rasio rekomendasi atau advokasi - Brand Advocay Ratio, yaitu perbandingan antara nilai advocacy spontan terhadap awareness spontan. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah phone interview dan face to face.

“Pada tahun 2013, berdasar riset Marplus, kami juga masuk dalam kategori Most Popular Brand of Life Insurance (peringkat 2) dan Best Costumer Choice of Life Insurance (peringkat 3). Kami berharap terus dapat tingkatkan prestasi ini,” tutup Prasetya. (Adv)

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014