Santo Andre, Brasil (ANTARA News) - Empat tahun lalu Diego Maradona salah mengenalinya sebagai ball-boy, Thomas Mueller mengaku lebih menginginkan tropi piala dunia ketimbang penghargaan sepatu emas.

Aljazair tanpa disangka menembus babak 16 besar, sebagai peringkat kedua Grup H. Aljazair harus mengalahkan Jerman di babak 16 besar yang diadakan di Porto Alegre sebelum melaju ke putaran perempat final di Stadion Maracana, Rio de Janeiro melawan Perancis atau Nigeria. Ketangguhan Aljazair akan diuji karena Jerman diisi oleh pemain haus gol seperti Thomas Mueller, peraih penghargaan sepatu emas empat tahun lalu.

"Kami mempunyai rencana besar dengan semangat tim dan sedikit keberuntungan, kami percaya akan tetap melaju," kata Mueller setelah Jerman finis sebagai peringkat pertama Grup G seperti dikutip AFP.

Dengan torehan sembilan gol dari sembilan penampilannya, pemain 24 tahun ini telah tampil lebih trengginas jauh sebelum pada 2010 Maradona salah menganngapnya sebagai ball-boy pada konferensi di Muenchen.

Mueller membuka gol ketika Jerman menghancurkan Maradona dan Argentina 4-0 di putaran perempat-final di Afrika Selatan.

Kemudian pemain Bayern Muenchen ini dinobatkan sebagai peraih penghargaan sepatu emas dengan lima gol, tiga asis, dan terpilih sebagai pemain muda terbaik pada piala dunia 2010.

Kembali Mueller berada di jalur itu untuk mempertahankan sepatu emas dengan koleksi empat golnya kini.

Empat gol ini dicetak gelandang menyerang ini ketika mengalahkan Amerika Serikat 1-0 pada Kamis, ditambah hat-trick saat menindas Portugal 4-0.

Mueller berada di deretan nama-nama kandidat peraih sepatu emas 2014 bersama Neymar (Brasil), Lionel Messi (Argentina) yang sama-sama mengoleksi empat gol.

"Saya sebenarnya menginginkan mencetak sebuah gol cantik sesekali," katanya setelah menang melawan pasukan Jurgen Klinsmann.

"Rekor gol tidak menarik minat saya saat ini, saya sudah punya satu sepatu emas. Saya ingin jadi juara dunia, sesuatu yang belum saya punya," tukasnya.

Mueller berpeluang untuk meloncati rekor rekannya Miroslav Klose dan legenda Brasil Ronaldo dengan 15 gol di piala dunia, tetapi dia menegaskan tidak peduli siapa yang akan mencetak gol untuk Jerman di Porto Alegre pada Senin.

Selain itu, Klose juga berpeluang menjadi satu-satunya top skorer di piala dunia dengan 16 gol setelah menyamai rekor Ronaldo ketika membawa Jerman seri melawan Ghana.

"Dia bermain dengan baik, saya berharap dia mecetak banyak gol untuk kami dan membawa sepatu emas," kata Mueller kepada Klose, pemenang sepatu emas di piala dunia 2006, demikian AFP.

Pewarta: Okta Antikasari
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014