Jakarta (ANTARA News) - Gol David Luiz dan Alexis Sanchez mengantarkan waktu 90 menit laga 16 Besar antara Brasil melawan Chile di Estadio Mineirao, Belo Horizonte, Brasil, Sabtu malam ini, berakhir seri 1-1, sehingga pertandingan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Brasil unggul lebih dulu pada menit 18 lewat David Luiz dari sebuah set piece lewat tendangan pojok Neymar. David Luiz yang ditempel Gonzalo Jara berusaha menyambar bola dengan sontekan untuk menyantap sundulan Thiago Silva yang menyambut sepak pojok Neymar pada menit 18 babak pertama laga sesama Amerika Selatan ini.

Dari tayangan ulang, yang memasukkan bola teranyata kaki Gonzalo Jara, sehingga espn.com masih menyembutnya sebagai gol bunuh diri.

Sepak pojok Neymar ini sendiri tercipta setelah Hulk nyaris menciptakan gol dari eksekusi tendangan bebas beberapa meter dari kotak penalti, namun bola yang dia kirim lewat tendangan geledek itu dihalau keluar oleh kiper Cladio Bravo.

Brasil hampir menggandakan keunggulan pada menit 26 ketika Neymar yang menerima umpan dari sundulan kepala Fred namun tendangannya melebar dari gawang Claudio Bravo.

Dua menit dari satu, pada menit 32, Alexis Sanchez menyamakan kedudukan bagi Chile setelah dengan sempurna dia menuntaskan blunder yang dilakukan barisan belakang Brasil, dengan sebuah tendangan menyilang dan menyusur ke arah kiri kiper Julio Cesar.

Gol ini didahului lemparan ke dalam oleh Marcelo hanya beberapa meter dari kotak penalti Brasil. Striker Chile Eduardo Vargas mencuri bola dari bek Brasil untuk mengumpan ke tengah kotak penalti yang sudah dinanti Sanchez yang menyeruak berlari menyambar bola untuk kemudian dia lepaskan melewati hadangan Julio Cesar.

Setelah gol ini, Neymar setidaknya tiga kali berpeluang menambah gol Brasil, di samping juga sebuah peluang yang diciptakan David Luiz pada menit-menit akhir, sedangkan Sanchez nyaris menciptakan gol keduanya pada menit-menit terakhir.

Brasil nyaris unggul kembali pada menit 42 ketika Neymar yang melewati para gelandang Chile untuk masuk ke pertahanan Chile namun pada penyelesaian akhir bola sudah bergerak menjauh dari kakinya. Masih ada Fred di depan bola, namun tendangannya malah meluncur di atas mistar gawang.

ada babak kedua, kedua tim tidak berhasil menciptakan gol, kendati keduanya beberapa kali menciptakan peluang gol.

Pada menit 49 Fernandinho yang meneruskan umpan Neymar tak bisa mengapitalisasi peluang itu karena tembakannya melebar dari mistar gawang. Enam menit kemudian, Hulk menjaringkan bola ke gawang Claudio Bravo, tetapi wasit kemudian menganulirnya karena Hulk dianggap menahan bola dengan tangan. Dia bahkan mendapat kartu kuning atas protesnya.

Pada menit 57, Chile memasukkan Gutierrez untuk menggantikan Vargas, lalu tujuh menit kemudian giliran Brasil yang memasukkan Jo untuk menggantikan Fred

Pada menit 64 Juli Cesar melakukan penyelamatan gemilang ketika dia mementahkan tendangan Charles Aranguiz.  Setelah itu Brasil memasukkan Ramires menggantikan Fernandinho.

Kedua tim terus saling menciptakan peluang. Jo gagal menyambar bola yang terlaku kencang daripada gerak kakinya, setelah berusaha meneruskan umpan Hulk. Beberapa menit kemudian pada menit 81 Neymar kembali mengancam tapi Claudio Bravo sigap menghalaunya.

Sampai babak kedua selesai, kedudukan tetap 1-1 dan pertandingan pun dilanjut ke perpanjangan waktu.

Susunan pemain kedua tim seperti dirilis laman Piala Dunia FIFA.

Brasil: Julio Cesar: Dani Alves, Thiago Silva, David Luiz, Marcelo; Fernandinho (Ramires), Hulk, Neymar, Oscar, Luiz Gustavo; Fred (Jo)

Chile: Claudio Bravo; Francisco Silva, Gary Medel, Gonzalo Jara; Eugenio Mena, Mauricio Isla, Arturo Vidal (Mauricio Pinilla), Charles Aranguiz, Marcelo Díaz; Alexis Sanchez, Eduardo Vargas (Felipe Gutierrez)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014