Belo Horizonte, Brasil (ANTARA News) - Pelatih Chile Jorgia Mine Sampaoli mengaku bangga kepada penampilan timnya kendati mereka tersingkir dari Piala Dunia dini hari tadi setelah kekalahan menyesakkan dada lewat adu penalti melawan Brasil.

"Perasaan saya adalah bangga kepada para pemain dan rakyat Chile," kata Sampaoli setelah Chile menahan Brasil seri 1-1 selama 120 menit untuk berakhir dengan adu penalti 3-2 di Stadion Mineirao.

"Saya sedih karena bermain seperti ini melawan tuan rumah dan kalah dengan cara seperti ini jelas sangat sulit bagi kami," sambung dia.

"Para pemain telah melakukan apa pun yang mungkin dan mewakili negara dengan cara yang luar biasa. Mereka akan dicatat sejarah untuk cara mereka mewakili negaranya."

Chile hampir memenangi pertandingan ini pada akhir babak perpanjangan waktu ketika tembakan Mauricio Pinilla membentur tiang gawang. Chile kalah pada tiga pertemuan Piala Dunianya dengan Brasil sebelum ini.

"Itu adalah peluang kami menciptakan sejarah, memberi rakyat Chile momen bersejarah yang mereka inginkan".

"Brasil tak mau mengambil risiko dan tidak menciptakan peluang. Mereka seperti menunggu adu penalti dan kami hampir memenangkan pertandingan itu."

Dia menambahkan, "Kami menghadapi calon juara Piala Dunia dan kami nyaris memenangkan pertandingan ini".

"Kami telah mengalahkan Spanyol dan bersaing setara dengan Belanda dan Brasil. Tapi sedihnya Anda tak bisa tahu apa yang akan terjadi pada adu penalti. Ini lebih merupakan keberuntungan ketimbang apa pun."

Sampaoli mengatakan kemenangan ini akan memberi dorongan besar Brasil dalam merengkuh gelar juara Piala Dunia keenam kalinya.

"Kami akan melihat di masa depan jika Brasil menjadi kandidat. Mereka tim yang kompak dan solid serta telah mencapai langkah besar sekarang. Mereka akan menghadapi pertandingan-pertandingan mendatang dengan jauh lebih aman," kata dia seperti dikutip AFP.







Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014