Kereta Shinkansen Jakarta-Bandung akan berhenti di Karawang

Kereta Shinkansen Jakarta-Bandung akan berhenti di Karawang

Dokumen foto kereta supercepat Shinkansen di Jepang. (kyodonews.jp)

Kereta super cepat itu akan transit di Stasiun Karawang."
Karawang (ANTARA News) - Kereta api supercepat Shinkansen dari Jepang yang akan digunakan untuk jurusan Jakarta-Bandung dijadwalkan berhenti di Stasiun Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

"Kami sudah beberapa kali mengikuti rapat bersama Kementerian Perhubungan terkait dengtan rencana proyek kereta super cepat itu," kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Karawang Setya Dharma, di Karawang, Minggu.

Dikatakannya,  Shinkansen jurusan Jakarta-Bandung tersebut kecepatannya 300 kilometer per jam sehingga dua kota tersebut dapat ditempuh dalam waktu 37 menit.

Jarak tempuh yang mencapai 37 menit itu, menurut dia, terhitung sangat cepat karena jika menggunakan kereta eksekutif jurusan Jakarta-Bandung, maka penumpang bisa menghabiskan waktu di perjalanan lebih dari satu jam.

"Kereta super cepat itu akan transit di Stasiun Karawang," katanya.

Sesuai dengan perencanaan, ia menyatakan, proyek kereta api supercepat tersebut akan mulai dikerjakan pada 2016, sedangkan operasionalnya ditargetkan pada 2019 atau 2020.

Ia menilai, akan hadirnya kereta super cepat Shinkansen jurusan Jakarta-Bandung cukup bagus karena masyarakat Karawang yang bekerja di Bandung atau Jakarta bisa terlayani dengan adanya kereta super cepat itu.

"Selain itu, juga bisa mengurangi kemacetan lalu lintas yang sering terjadi di sejumlah titik perkotaan Karawang," demikian Setya Dharma. (*)

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Usulan relokasi Stasiun Merak ciptakan integrasi transportasi

Komentar