Los Angeles (ANTARA News) - "Transformers: Age of Extinction", bagian keempat dari seri film tentang robot-robot yang bisa berubah bentuk, menjadi raksasa box office dengan penjualan tiket pembukaan di bioskop Amerika Serikat dan Kanada selama akhir pekan mencapai 100 juta dolar AS atau yang terbesar tahun ini.

"Hasil yang spektakuler," kata Don Harris, presiden distribusi teater domestik untuk Paramount, seperti dilansir kantor berita Reuters.

Film itu memperoleh lebih dari 200 juta dolar AS dari luar negeri, sebuah indikasi "betapa waralaba ini sangat dicintai di seluruh dunia," tambah Harris, yang memuji sutradara Michael Bay yang menggarap keempat film tersebut.

"Transformers" menambah pendapatan 10,7 juta dolar AS dari layar IMAX domestik dan 16,6 juta dolar AS dari layar IMAX internasional.

Film yang dibuat dengan anggaran lebih dari 200 juta dolar AS itu bercerita tentang Optimus Prime, Bumblebee dan Autobot lain melawan penjahat baru.

Film berdurasi hampir tiga jam itu kebanyakan mendapat ulasan buruk, dengan hanya 17 persen dari 121 kritik memberikan rating fresh (segar) menurut laman Rotten Tomatoes, tapi para pembeli tiket memberikan rating A menurut layanan jajak pendapat CinemaScore.

Sebelum pembukaan "Transformers," situs pelacak box office Rentrak menyebutkan bahwa penjualan tiket selama musim panas tertinggal 15 persen dari tahun lalu, ketika film-film blockbuster seperti "Iron Man 3," "Monsters University," dan "Fast & Furious 6" mendorong penjualan tiket.

"Transformers: Age of Extinction" dibintangi oleh Mark Wahlberg. Tiga film sebelumnya, yang dibintangi oleh Shia LeBeouf, menghasilkan hampir 2,7 miliar dolar AS dari penjualan di seluruh dunia menurut Box Office Mojo.


Tempat kedua

Film "22 Jump Street" yang dibintangi oleh Channing Tatum dan Jonah Hill berada di tempat kedua dalam daftar penjualan tiket di bioskop Amerika Serikat dan Kanada selama Jumat sampai Minggu dengan pendapatan 15,4 juta dolar AS pada pekan ketiganya di bioskop.

Sementara "How to Train Your Dragon 2" bertengger di nomor tiga dengan pendapatan penjualan tiket 13,1 juta dolar AS.

Di posisi keempat ada pemimpin box office akhir pekan sebelumnya "Think Like a Man Too," film komedi berdasarkan buku Steve Harvey berjudul "Act Like a Lady, Think Like a Man." Film yang dibintangi oleh Kevin Hart itu meraup pendapatan 10,4 juta dolar AS dari penjualan tiket.

Film Disney "Maleficent"  yang dibintangi oleh Angelina Jolie berada di posisi kelima dengan pendapatan 8,2 juta dolar AS selama akhir pekan dan total lebih dari 200 juta dolar AS sejak pembukaan 30 Mei.

"Transformers: Age of Extinction" didistribusikan oleh Paramount, satu satu unit dari Viacom Inc. Sementara Sony Corp merilis "22 Jump Street" dan "Think Like a Man Too."

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014