Jakarta (ANTARA News) -  Ini adalah pertemuan keenam Belgia dan Amerika Serikat yang sekaligus pertemuan kedua pada Piala Dunia.  Pada lima pertemuan sebelumnya, Belgia menang empat kali, sedangkan Amerika Serikat menang satu kali pada Piala Dunia 1930 di Uruguay.

Belgia yang diasuh pelatih Marc Wilmots lolos ke 16 Besar dengan mengemas nilai sempurna 9 setelah memenangi semua pertandingan fase grupnya atau pertama kali bagi negara ini selama berkiprah pada Piala Dunia.

Sejauh ini Belgia tak terlalu mengesankan dengan hanya mencetak empat gol pada fase grup atau terendah kedua dari 16 tim yang lolos ke fase knockout.

Belgia kini harus melawan AS di Arena Fonte Nova, Salvador, yang justru menjadi tempat dihasilkannya 21 gol (5,25 gol per pertandingan) dari empat laga yang diselenggarakan di sini.

Amerika Serikat juga tidak lebih baik. Melewati satu kali kalah sebelum ke 16 Besar, berdasarkan catatan FIFA, Amerika Serikat hanya melancarkan 72 serangan pada tiga fase grupnya atau kedua terendah dibandingkan 32 tim yang bertanding pada putaran final Piala Dunia 2014. Tetapi Stars and Strips yakin masuk ke perempat final seperti telah mereka lakukan pada 2002.

Penjaga gawang AS Tim Howard mengatakan meskipun Belgia belum lama ini mengalahkan AS 4-2 dalam satu laga persahabatan, dia merasa AS akan mengimbangi Belgia. "Kami menikmati peran underdog. Itu membuat kami lapar terus," katanya.

BELGIA

Marc Wilmots memuji pelatih Jurgen Klinsmann telah membawa mentalitas Jerman kapada skuat Amerika Serikat. Dia mengingatkan para pemainnya, "Secara fisik mereka sangat kuat, kami siap menghadapi perang."

Meski begitu, bukan berarti Wilmots silau oleh kekuatan lawan, sebaliknya dia menjanjikan timnya tampil lebih ekspansif ketimbang fase grup lalu. "Saya yainkan bahwa level kami akan lebih baik. Kami segar dan kini kami sudah mencapai putaran kedua, kami bisa lebih lepas bermain," kata dia.

Setan Merah memang sejauh ini tidak terlalu mengesankan, namun sembilan poin yang dicatatnya dari fase grup adalah bukti mereka tim yang tangguh, namun menjelang pertemuan dengan AS itu, Belgia dirundung masalah cedera dan absennya sejumlah pemain kunci, antara lain gelandang Steven Defour setelah FIFA melarangnya tampil satu pertandingan akibat pelanggaran terhadap pemain Korea Selatan lalu.

Kapten Vincent Kompany dan Thomas Vermaelen juga diragukan tampil, demikian pula bek Laurent Ciman. Sedangkan Anthony Vanden Borre tidak akan lagi tampil karena patah tulang kering saat turun menghadapi Korea Selatan, namun Toby Alderweireld akan turun lagi bermain setelah diistirahatkan pada laga terakhir Grup H.

Dihukumnya Defour akan membuat Axel Witsel kembali ke lapangan tengah, tetapi kemudian muncul masalah siapa yang akan memimpin barisan serang Belgia di Arena Fonte Nova.

Wilmots harus memilih antara Romelu Lukaku yang belum satu pun mencetak gol atau si remaja Divock Origi yang menciptakan gol penentu kemenangan saat melawan Rusia.  Wilmots juga akan memilih antara Eden Hazard atau Kevin Mirallas sebagai gelandang serang.

Intinya, memang ada masalah pada skuat Belgia, tetapi Wilmots beruntung memiliki pemain-pemain muda bertalenta sehingga tidak akan sulit baginya untuk membuat opsi-opsi di lapangan.

AMERIKA SERIKAT

Semula dikhawatirkan tampil, Jozy Altidore yang menghadapi masalah hamstring akhirnya dinyatakan laik tanding. Dia adalah satu-satunya kekhawatiran pelatih Jurgen Klinsmann yang sangat mungkin tidak akan mengubah formasi timnya saat melawan Belgia nanti.

Klinsmann sempat dikritik pers Amerika sebagai "tidak Amerika" karena menyebut opsi juara turnamen ini sebagai tidak realistis.  Tetapi setelah lolos ke 16 Besar, mantan pemain yang pernah mengantarkan Jerman menjadi juara dunia pada 1990 kini optimistis bisa melewati Belgia.

"Kami yakin kami telah membangun fondasi dalam tim kami sehingga kami bisa mengalahkan mereka (Belgia)," kata Klinsmann.

Klinsmann malah sudah meminta para pemain dan keluarganya mengubah jadwal pulangnya sampai sehari setelah final. Klinsmann mungkin beralasan untuk optimistis, salah satunya adalah karena timnya sempat merepotkan juara dunia tiga kali Jerman dan Portugal yang diperkuat pemain terbaik dunia Cristiano Ronaldo, selain menjinakkan tim kuat Ghana.

Klinsmann juga memiliki skuat yang lebih bugar dari lawannya, dengan tidak ada satu pun pemain yang cedera, bahkan Altidore pun siap diturunkan.  Jika striker Sunderland ini dipanggil, maka Clint Dempsey akan bergeser sebagai penyangga Altidore.

AS juga akan memberi lagi kepercayaan kepada Omar Gonzalez untuk dipasangkan di belakang bersama Matt Besler yang menawan selama mengisi tempat Geoff Cameron ketika laga melawan Jerman.

Di lapangan tengah, Klinsmann akan mengembalikan Alejandro Bedoya ke sisi kanan, sedangkan Graham Zusi digeser ke sisi berlainan, sementara Brad Davis dibangkucadangkan.


BELGIA vs AMERIKA SERIKAT
Arena Fonte Nova, Salvador

Perkiraan susunan pemain
Belgia (4-2-3-1):
Thibaut Courtois; Toby Alderweireld, Vincent Kompany, Daniel Van Buyten, Thomas Vermaelen; Axel Witsel, Marouane Fellaini; Dries Mertens, Eden Hazard, Kevin De Bruyne; Romelu Lukaku.
Amerika Serikat (4-1-4-1): Tim Howard; Omar Gonzalez, Fabian Johnson, Matt Besler, DeMarcus Beasley; Kyle Beckerman; Graham Zusi, Michael Bradley, Jermaine Jones, Alejandro Bedoya; Clint Dempsey.
Wasit: Djamel Haimoudi (Aljazair).

Bintang laga ini: Eden Hazard (gelandang, Belgia). Dia ditantang untuk membuktikan diri sebagai pilihan utama Belgia.  Amerika Serikat dan laga 16 Besar adalah kesempatan terbaik untuk membuktikan itu.

Pemain yang akan mengejutkan: Sacha Kljestan (gelandang, Amerika Serikat).

Perjalanan ke 16 Besar

Belgia
26 Juni: mengalahkan Korea Selatan 1-0
22 Juni: mengalahkan Rusia 1-0
17 Juni: mengalahkan Aljazair 2-1

Amerika Serikat
26 Juni: dikalahkan Jerman 0-1
22 Juni: seri 2-2 lawan Portugal
16 Juni: mengalahkan Ghana 2-1

Statistik kedua tim

Head-to-head

- Belgia dan AS hanya sekali bertemu dalam Piala, yaitu Piala Dunia 1930 dan AS menang 3-0 di Montevideo.
- Belgia memenangi empat pertemuan terakhirnya dengan tiga diantaranya melalui clean sheet.
- Setan Merah menang 4-2 di Cleveland tahun lalu pada pertemuan terakhir mereka. Christian Benteke mencetak dua gol, Kevin Mirallas dan Marouane Fellaini masing-masing satu gol, sedangkan dua gol AS diciptakan Clint Dempsey dan Geoff Cameron.

Belgia
- Belgia memenangi semua laga fase grup Piala Dunia 2014 yang adalah pertama kali bagi mereka, sekaligus pertama kalinya mereka tiga kali menang berturut-turut dalam Piala Dunia.
- Tim asuhan Marc Wilmots mencetak empat gol selama fase grup, kedua paling tidak produktif dari 16 tim yang lolos ke babak kedua (Yunani mencetak dua gol).
- Enam gol terakhir Belgia pada Piala Dunia tercipta pada 20 menit terakhir pertandingan.
- Semua anggota skuat Belgia tampil selama fase grup, kecuali bek Laurent Ciman.
- Kiper Belgia Thibaut Courtois tetap tak terkalahkan pada lebel internasional.
- Belgia enam kali lolos dari fase grup dalam tujuh keikutsertaan terakhirnya pada Piala Dunia.
- Hanya tiga pemain (Lionel Messi, Alexis Sanchez dan Angel Di Maria) melampaui dribel Eden Hazard di fase grup (13).
- Tidak ada pemain yang menandingi catatan blok bek Daniel van Buyten selama di fase grup (5).

Amerika Serikat
- Amerika Serikat mencapai babak knockout dalam tiga dari empat Piala Dunia terakhir.
- Mereka hanya satu kali clean sheet dalam 10 laga terakhir Piala Dunia mereka, namun selalu mencetak gol pada sembilan laganya, kecuali melawan Jerman di fase grup.
- Tiga dari lima gol terakhir mereka berasal dari situasi bola mati atau set-piece (dua sepak pojok, satu penalti).
- Clint Dempsey mencetak empat gol dalam sembilan penampilannya pada Piala Dunia, selalu mencetak gol pada tiga turnamen Piala Dunia 2006, 2010, dan 2014.
- Dia perlu satu gol lagi untuk menyamai rekor Landon Donovan sebagai pencipta gol Piala Dunia terbanyak sepanjang masa AS dengan lima gol.
- AS berusaha mencapai perempat final pertamanya sejak 2002.
- Hanya Iran (30%) yang mengalahkan rendahnya penguasaan bola yang dicatat tim asuhan Jurgen Klinsmann's side (39%).
- AS hanya melepaskan sembilan tembakan tepat sasaran pada tiga pertandingan grupnya. Mereka satu-satunya tim yang lolos ke 16 Besar dengan tembakan on target di bawah 10.
- AS selalu kemasukkan gol pada semua laga 16 besar Piala Dunia kala melawan tim-tim Eropa.
 
Prediksi hasil pertandingan:
Goal.com: 2-1 Belgia, 2-1 Amerika Serikat, 2-0 Belgia
Telegraph: 3-2 Amerika Serikat
Umum: 2-1 Belgia

Sumber: BBC, Telegraph, Goal.com, MLSsoccer.com, CBSNews.com



Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014