Jokowi : kita harus berani setop impor pangan

Jokowi : kita harus berani setop impor pangan

foto dokumentasi salah satu kegiatan kampanye capres Jokowi (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

Cianjur (ANTARA News) - Capres Joko Widodo (Jokowi) berjanji akan berupaya menghentikan impor pangan jika dirinya bersama cawapres Jusuf Kalla (JK) memenangi pemilihan presiden.

"Kalau ke depan Jokowi-JK yang jadi, kita harus berani setop impor pangan, setop impor beras, setop impor daging, bawang, kedelai, sayur buah, ikan, karena semua itu kita punya," ujar Jokowi saat kampanye di Cianjur, Rabu.

Jokowi mencontohkan Indonesia memiliki sejumlah wilayah lumbung beras, salah satunya Cianjur.

Dia mengemukakan Indonesia bisa menjadi negara pengekspor beras.

"Ini karena semua ada mafianya, mafia daging ada, mafia beras, mafia haji, mafia minyak, semua ada. Sebetulnya persoalan ini tidak rumit, tapi menjadi rumit karea banyak kepentingan, ada yang ingin dapat uang, dapat komisi, sehingga kita impor-impor, lalu bocor-bocor," kata Jokowi.

Jokowi mengemukakan penghentian impor pangan harus dilakukan secara perlahan, hingga petani bisa semangat berproduksi kembali.

"Bayangkan, kita sudah berproduksi susah payah, pas panen impor datang, harga jatuh, kan bikin malas produksi. Kalau semua pangan impor, petani setop produksi, mati semua kita, maka petani harus dimuliakan. Tinggal pemerintahnya punya niat atau tidak," ucap dia. 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Jatim gerakkan Satgas Pangan ungkap penimbunan bawang putih

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar