Yogyakarta (ANTARA News) - Proses pendaftaran peserta didik baru untuk jenjang SMA/SMK di Kota Yogyakarta pada hari kedua tidak seramai tahun sebelumnya karena banyak calon siswa yang memilih menunda melakukan verifikasi.

"Kami memperkirakan, banyak calon siswa yang sudah mendaftar secara online namun belum melakukan verifikasi karena mereka menunggu keluarnya surat keterangan hasil ujian nasional (SKHUN)," kata Kepala Bidang Analisis Data dan Pelaporan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Rochmat di Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, calon siswa sebaiknya tidak perlu menunggu keluarnya SKHUN asli karena siswa bisa menggunakan surat keterangan dari sekolah dan dinas pendidikan kota/kabupaten asal.

Ia mengkhawatirkan, tidak banyaknya siswa yang melakukan verifikasi pada hari kedua pendaftaran akan menyebabkan membludaknya pendaftar pada hari terakhir pendaftaran, Rabu (3/7).

Pengajuan pendaftaran online siswa akan ditutup pada pukul 10.00 WIB dan proses verifikasi pendaftaran serta penerimaan berkas di sekolah dilayani hingga pukul 14.00 WIB.

"Pintu gerbang sekolah akan ditutup tepat pukul 14.00 WIB. Pendaftar yang sudah berada di dalam sekolah akan tetap dilayani, sedangkan yang belum maka tidak akan dilayani," katanya.

Rochmat memastikan, tidak akan ada perpanjangan waktu untuk verifikasi pendaftaran siswa baru jenjang SMA/SMK di Kota Yogyakarta sehingga pendaftar harus segera menentukan pilihan sekolah.

Pengumuman penerimaan peserta didik baru untuk jenjang SMA/SMK akan dilakukan pada Jumat (4/7) di papan pengumuman masing-masing sekolah pendaftar diterima dan daftar ulang dilakukan selama dua hari hingga Sabtu (5/7).

Sementara itu, pendaftaran peserta didik baru untuk jenjang SMP akan dimulai pada Kamis (3/7) hingga Sabtu (5/7), juga melalui mekanisme pendaftaran online.

Di Kota Yogyakarta terdapat 16 SMP yang melakukan pendaftaran sistem online dengan total kapasitas 2.612 siswa.

Sementara itu, penerimaan peserta didik baru untuk SD melalui sistem online sudah ditutup dan dari 16 SD yang menerapkan sistem itu, semuanya sudah memenuhi kapasitas yang disiapkan.

Pendaftaran SD melalui jalur non RTO baru akan berakhir pada Kamis (3/7). Ada 74 SD yang mengikuti pendaftaran menggunakan jalur tersebut.

(E013/R010)

Pewarta: Eka Arifa
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014