Moskow (ANTARA News) - Krisis gas "berskala besar" membayangi Ukraina kecuali Kiev bisa menyelesaikan utang miliaran dolarnya pada Moskow, kata Perdana Menteri Rusia Dmitry Medvedev pada Rabu (2/7).

"Ukraina tak membayar gas. Utang mereka sangat besar. Mereka mengambil gas dari tempat penyimpanan bawah tanah," tulis Medvedev di akun Facebooknya. Ia memperingatkan akan terjadi krisis gas "besar" sampai musim gugur tahun ini.

Raksasa energi Rusia, Gazprom, telah memperkirakan Ukraina berutang 4,46 miliar dolar AS. Pada 16 Juni, Gazprom mengalihkan rejim pembayaran kembali bagi pasokan gas ke Ukraina setelah kegagalan pembicaraan yang diperantarai oleh Komisaris Energi Uni Eropa Guenther Oettinger.

CEO Gazprom Alexei Miller mengatakan pekan lalu bahwa "sangat mungkin" Ukraina akan mulai secara gelap menyedot gas tujuan-Eropa dari pipa saluran persinggahan pada musim dingin, demikian laporan Xinhua.

Namun, Wakil Ketua Perusahaan Ukraina Naftogaz Alexander Todiichuk pada Rabu pagi mengatakan bahwa Ukraina memiliki cukup gas di tempat penyimpanan bawah tanahnya untuk bertahan sampai November.

Pada 223 Juni, Naftogaz mengatakan perusahaan itu bersedia melanjutkan pembicaraan dengan Gazprom mengenai persinggahan gas.

Perusahaan tersebut berusaha mengubah penetapan harga persinggahan gas yang ada, mengaitkan dengan biaya transportasi dengan biaya komponen bahan bakar, inflasi di Eropa dan harga gas Rusia untuk Ukraina.

Kiev saat ini mengenakan biaya pada Moskow sebanyak tiga dolar AS per 1.000 meter kubik gas per 100 kilometer transit.

Ukraina, yang jaringan transit gasnya sudah beroperasi di bawah kapasitas, juga berusaha memperoleh resep dalam kontrak volume minimal tahunan gas yang diangkutnya ke Eropa dari Rusia.

Menurut perkiraan Rusia, Ukraina telah mengumpulkan 14,2 miliar kubik meter gas alam di tempat penampungang gasnya. Negeri itu membutuhkan sedikitnya 18,5 miliar meter kubik gas untuk bertahan melewati musim gugur dan musim dingin serta menjamin persinggahan gas secara mulus ke Eropa.

(Uu.C003)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014