counter

Inilah pemain kunci Prancis kontra Jerman

Inilah pemain kunci Prancis kontra Jerman

Foto Kombinasi Bek Jerman Per Mertesacker (kiri) dan penyerang Prancis Prancis Karim Benzema (AFP PHOTO/ PATRIK STOLLARZ/FABRICE COFFRINI )

Rio de Janeiro (ANTARA News) - Babak perempat-final Piala Dunia 2014 akan mempertemukan Prancis dan Jerman, pada Sabtu dini hari waktu WIB, di stadion Maracana, Rio de Janeiro.

Berikut pemain-pemain kunci yang menentukan dalam pertandingan, seperti dilaporkan AFP:

Karim Benzema v Per Mertesacker

Karim Benzema menunjukkan penampilan mengesankan ketika memimpin barisan penyerang pada Piala Dunia dengan total torehan 10 gol dalam empat laga. Secara individual, pemain Real Madrid ini sudah mencetak tiga gol dan Benzema menjadi pemain paling banyak yang melakukan tendangan ke gawang melebihi pemain manapun di kompetisi ini. Total tendangan ke gawang lawan yakni 25, sementara Neymar, Lionel Messi, dan James Rodriguez masing-masing 15 kali.

Prancis bermain bagus ketika melawan Nigeria di babak 16 besar. Ketika itu Benzema bergerak jauh ke dalam lalu ke tengah dengan mengandalkan kecepatannya yang menjadi senjata penting untuk melawan Jerman, sementara Mertesacker sudah mulai melambat.

Memang pertahanan Jerman seperti tanpa celah melawan Aljazair karena kiper Manuel Neuer terkadang keluar dari kotak untuk menangkal bahaya. Benzema bisa memanfaatkan itu daripada striker Aljazair Islam Slimani ketika melawan Jerman.

Mathieu Valbuena v Erik Durm

Valbuena menjadi salah satu nama yang tidak dimasukan pertama kali oleh pelatih Prancis, Didier Deschamps karena bermain kurang baik di Marseille.

Awalnya Valbuena bermain melebar di kanan tetapi pergerakannya menciptakan serangan yang membahayakan, dia juga bermain efektif ketika melawan Nigeria.

Pelatih Jerman, Joachim Loew menempatkan Benedikt Hoewedes secara tradisional menjadi bek central tetapi di empat pertandingan sejauh ini dia ditempatkan di bek kiri. Tetapi kali ini Jarome Boateng bisa menggantikannya atau alternatif lain dengan memilih pemain Borussia Dortmund Erik Durm.

Ketika posisinya diubah dari penyerang ke bertahan, Durm hanya bisa menang di satu laga yakni melawan Kamerun di pertandingan persahabatan bulan lalu.

Yohan Cabaye v Toni Kroos

Pertarungan di lini tengah ini akan sangat menarik. Jerman menjadi tim yang melakukan umpan lebih banyak dari tim lain di piala dunia dan pemain yang paling banyak mengumpan yakni pemain Byaern Muenchen Kroos.

Sebanyak 354 kali umpan sukses di lakukan Kroos pada empat pertandingan menjadi pemain paling banyak mengumpan dengan Javier Mascherano, Argentina.

Jika Perancis mampu bersaing merebut kontol dari lawan mereka, Yohan Cabaye akan selangkah lebih maju. Cabaye mempunyai catatan bagus ketika melakukan passing dari belakang ke tengah dan dengan bantuan dari Paul Pogba dan Blaise Matuidi bisa menguasai pertandingan.

Mamadou Sakho v Thomas Mueller

Sakho dikabarkan akan kembali menjadi lini pertahanan Perancis setelah melewatkan laga melawan Nigeria, Senin lalu. Dia mempunyai kekuatan, walaupun terkadang melampau batas ketika menyikut Oswaldo Minda ketika melawan Ekuador.

Sakho harus menjaga Mueller karena berbahaya ketika di kotak pinalti. Mueller sudah mencetak empat gol dan dua asis di piala dunia dan menjadi pemai paling banyak menjelajahi lapangan. Pelatih Prancis Deschamps harus mewaspadai pemain Bayern Muenchen ini.

Hugo Lloris v Manuel Neuer

Lloris dan Neuer merupakan dua kiper paling baik di generasinya, aksi keduanya menginspirasi. Dengan ketangkasannya, Deschamps menilai Lloris mampu menghentikan tendangan lawan.

Sementara itu Lloris pernah menyatakan kekagumannya atas Neuer dengan mengatakan "sebagai kiper paling sempurna di dunia". Lloris memuji kemampuannya ketika sukses mengamankan area dan menajdi sweeper ketika dibutuhkan. Keduanya masih berpeluang untuk memenangkan laga.

Penerjemah:
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Komentar