Puluhan kursi kosong calon haji yang mengundurkan diri tersebut akan dikembalikan ke Kemenag Jatim dan diproses lebih lanjut, sehingga kami tidak punya kewenangan apakah akan diganti calon haji Jember dalam daftar tunggu atau daerah lain,"
Jember (ANTARA News) - Sebanyak 216 calon haji di Kabupaten Jember, Jawa Timur, belum melunasi biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) untuk musim pemberangkatan tahun 2014.

Kepala Seksi Haji dan Umroh Kementerian Agama Jember Misbahul Munir, Minggu mengatakan jumlah calon haji yang sudah melunasi BPIH sebanyak 1.400 orang dari total kuota haji Jember sebanyak 1.616 orang.

"Kami imbau kepada calon haji untuk segera melunasi BPIH karena batas terakhir pelunasan pada 8 Juli 2014, sehingga masih ada waktu dua hari bagi calon haji yang ingin menunaikan ibadah haji tahun ini," tuturnya.

Untuk itu, kata dia, para calon haji yang belum melunasi BPIH dapat segera melakukan pelunasan pada bank-bank yang telah ditunjuk pemerintah untuk menerima setoran sebelum tahap akhir pelunasan.

"Calon haji yang belum melunasi hingga tahap kedua berakhir maka akan dilakukan pergantian dari calon haji dalam daftar tunggu, sehingga diharapkan calon haji yang sudah mendapatkan porsi untuk berangkat tahun ini bisa segera melunasinya," paparnya.

Menurut dia, proses pergantian calon haji yang masuk dalam daftar tunggu akan disesuaikan dengan nomor urut yang sudah tersistematis dalam data daftar tunggu, sehingga tidak ada prioritas untuk calon haji tertentu," ucapnya.

Sementara itu, data di Kemenag Jember tercatat sebanyak 30 orang yang mengundurkan diri dan batal berangkat untuk menunaikan ibadah haji tahun ini karena berbagai alasan antara lain meninggal dunia, sakit, dan menunggu anggota keluarganya yang belum bisa berangkat tahun ini karena sakit.

"Puluhan kursi kosong calon haji yang mengundurkan diri tersebut akan dikembalikan ke Kemenag Jatim dan diproses lebih lanjut, sehingga kami tidak punya kewenangan apakah akan diganti calon haji Jember dalam daftar tunggu atau daerah lain," katanya.

Tahun 2013, tercatat sebanyak 141 calon haji Jember yang belum melunasi biaya penyelengaraan ibadah haji hingga batas akhir pelunasan pada 12 Juni 2013, sehingga mereka dipastikan batal berangkat untuk menunaikan ibadah haji dan mereka masuk dalam daftar tunggu musim haji tahun ini.

(KR-ZUM/M026)

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014