Belo Horizonte, Brasil (ANTARA News) - Penampilan yang layak disebut berkelas bintang lima dari para pemain Jerman sukses membuat mereka unggul lima gol atas tuan rumah 5-0 di Estadio Mineirao, Belo Horizonte, Brasil, Rabu pagi WIB.

Absennya dua pilar Brasil, sang kapten Thiago Silva yang terkena hukuman akumulasi kartu kuning dan bintang Neymar Jr, membuat Selecao pincang baik dalam hal bertahan maupun menyerang, sukses dimanfaatkan dengan baik oleh Jerman.

Lima gol Jerman dicetak oleh Thomas Mueller, Miroslav Klose, Sami Khedira dan dwigol dari Toni Kroos.

Pada awal laga, meski tanpa Thiago Silva dan Neymar, Brasil sebetulnya mengambil inisiatif serangan namun sukses diredam pertahanan tebal Der Panzer.

Der Panzer segera panas dan membangun serangan yang memulai penghancuran tuan rumah, diawali dengan gol Mueller pada menit 11 yang bebas tanpa kawalan kala menyambut sepak pojok.

Gol tersebut membuat ia kini mengemas lima gol, terpaut satu gol saja dari pemuncak daftar pencetak gol sementara James Rodriguez, yang memiliki koleksi enam gol.

Tertinggal satu gol, Brasil berusaha membalas, namun tumpulnya serangan mereka seolah menjadi penanda nasib buruk segera mendera sang tuan rumah turnamen.

Jerman membungkan penggemar Brasil yang hadir di stadion dengan mencetak tiga gol dalam empat menit antara menit 23 hingga 26.

Tiga gol tersebut dicetak oleh penyerang gaek Miroslav Klose pada menit 23 dan dwigol dari gelandang Toni Kroos pada menit 24 serta 26 memanfaatkan kegamangan di barisan pertahanan Brasil yang terlihat sangat rapuh tanpa kehadiran sang kapten, Thiago Silva.

Gol Klose sekaligus menasbihkan dirinya sebagai pemegang rekor pencetak gol terbanyak putaran final Piala Dunia dengan 16 gol, melampaui mantan penyerang Brasil, Ronaldo, yang memiliki kemasan 15 gol.

Hanya tiga menit berselang setelah tertinggal 4-0, penjaga gawang Julio Cesar kembali harus memungut bola dari gawangnya, setelah gelandang Sami Khedira mencetak gol pada menit 29.

Apabila keadaan tetap bertahan maka Jerman berhak melakoni laga final di Maracana, Rio de Janeiro 13 Juli nanti, melawan salah satu pemenang dari laga semi final lainnya antara Belanda melawan Argentina yang akan berlangsung esok hari.

Berikut susunan pemain yang diturunkan kedua tim berdasarkan laman resmi FIFA.

Brasil: Julio Cesar (PG), Maicon, David Luiz (K), Dante, Marcelo, Fernandinho, Luis Gustavo, Oscar, Bernard, Hulk, Fred

Pelatih: Luis Felipe Scolari

Jerman: Manuel Neuer (PG), Philipp Lahm (K), Mats Hummels, Jerome Boateng, Benedikt Hoewedes, Sami Khedira, Bastian Schweinsteiger, Mesut Ozil, Toni Kroos, Thomas Mueller, Miroslav Klose

Pelatih: Joachim Loew.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014