Belo Horizonte, Brasil (ANTARA News) - Pemain pengganti Andre Schuerrle mencetak gol keenam Jerman ke gawang Brasil pada menit 69 mengubah kedudukan sementara menjadi 6-0 dalam laga semi final Piala Dunia 2014 di Estadio Mineirao, Belo Horizonte, Rabu pagi WIB.

Gol Schuerrle dicetak dari jarak dekat menerima umpan matang dari sayap kanan, yang dikirimkan Mesut Ozil.

Gol itu menambah keunggulan lima gol yang sebelumnya didapatkan Jerman dalam waktu kurang dari 30 menit babak pertama melalui gol dari Thomas Mueller, Miroslav Klose, Sami Khedira dan dwigol Toni Kroos.

Schuerrle sendiri baru masuk ke lapangan pada babak kedua, tepatnya menit 58 menggantikan penyerang gaek, Klose.

Apabila keadaan tetap bertahan maka Jerman berhak melakoni laga final di Maracana, Rio de Janeiro 13 Juli nanti, melawan salah satu pemenang dari laga semi final lainnya antara Belanda melawan Argentina yang akan berlangsung esok hari.

Unggul lima gol, membuat Jerman pada babak kedua justru menerapkan garis pertahanan yang cukup demi menjaga keunggulan dan memasukkan Per Mertesacker menggantikan Mats Hummels. 

Akan tetapi hal itu pula yang membuat Brasil lebih leluasa mengendalikan bola dari tengah lapangan dan merangsek ke wilayah berbahaya, setelah menarik keluar dua pemainnya Hulk dan Fernandinho yang masing-masing diganti Ramires serta Paulinho.

Meski demikian pertahanan Jerman masih cukup kokoh dan dengan dingin menangkis serangan-serangan para pemain pujaan publik tuan rumah itu hingga 25 menit pertama babak kedua.

Menit 58, penyerang gaek yang dalam laga itu mempertajam rekor pencetak gol terbanyak di putaran final Piala Dunia dengan 16 gol, Miroslav Klose, akhirnya diistirahatkan pelatih Joachim Loew dan digantikan talenta muda Chelsea, Andre Schuerrle.

Ia segera memberikan sumbangsih signifikan dengan mencetak gol, menambah dalam luka Brasil pada menit 69.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014