Jakarta (ANTARA News) - Calon presiden Prabowo Subianto akan memberikan bantuan senilai Rp1 miliar untuk membantu rakyat Palestina yang menderita akibat serangan militer Israel.

"Uang pribadi saya. Saya komit sumbangkan Rp1 miliar," katanya di hadapan ribuan orang yang mengikuti aksi solidaritas untuk Palestina di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Jumat.

Mantan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus itu mengatakan warga dunia patut mengecam tindakan keji Israel terhadap Palestina.

Sebagai warga dunia dan saudara seiman Palestina, ia melanjutkan, Indonesia harus membantu dengan tindakan nyata.

"Mereka saudara kita, maka jangan hanya ucapan mulut, harus dengan tindakan nyata. Kita harus kumpulkan dana, walaupun sedikit. Kalau perlu kita sumbangkan darah. Juga kalau perlu siapkan relawan medis, kemanusiaan, untuk bantu mereka yang diserang dalam tindakan di luar kemanusiaaan," katanya.


Komitmen Aburizal

Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie juga akan memberikan bantuan dana Rp1 miliar untuk rakyat Palestina.

"Itu uang pribadi saya, masak dari Golkar, ya enggak ada uangnya," katanya.

Saat Aburizal mengatakan akan ikut menyumbang Rp1 miliar, Prabowo yang berada satu panggung berkelakar bahwa sebenarnya dia akan menyumbang lebih besar lagi.

"Sebetulnya Pak Ical mau nyumbang Rp5 miliar, tapi enggak enak sama saya," katanya lalu tertawa.

Ribuan orang menggelar aksi peduli Palestina di Bundaran Hotel Indonesia pada Jumat (11/7) siang. Aksi simpatik tersebut diprakarsai oleh Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) dan organisasi massa Islam.

Beberapa tokoh Koalisi Merah Putih, yang mendukung pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, seperti Hidayat Nurwahid, Anis Matta, Akbar Tandjung, dan Taufik Ridho ikut dalam aksi itu yang juga dihadiri oleh perwakilan Majelis Ulama Palestina itu.

Pewarta: Ade Irma Junida
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014