counter

Goetze dan terciptanya sejarah Piala Dunia Jerman

Goetze dan terciptanya sejarah Piala Dunia Jerman

Selebrasi penyerang Jerman Mario Goetze usai mencetak gol ke gawang Argentina pada Final Piala Dunia 2014 di Maracana Stadium, Rio de Janeiro (13/7). (AFP PHOTO/ODD ANDERSEN)

Rio de Janeiro (ANTARA News) - Satu-satunya gol Mario Goetze pada menit akhir babak kedua perpanjangan waktu telah mengantar Jerman membuat sejarah, menjuarai Piala Dunia 2014, dengan mengalahkan Argentina 1-0 pada final di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Minggu petang (Senin dinihari WIB).

Sejarah baru telah tercipta, Jerman sebagai tim pertama Eropa yang memenangi Piala Dunia di Benua Amerika, berkat gol pemain pengganti Goetze pada menit 113.

Gelar keempat telah berhasil diraih oleh Jerman melalui gol Goetze, pemain yang masuk menggantikan pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Piala Dunia Miroslav Klose, pada menit 88.

Di tengah perayaan Jerman, tetesan air mata mengalir di mata beberapa pemain Argentina, lawannya yang gagal untuk memenangi gelar juara dunia ketiganya.

Gol Goetze tercipta pada babak kedua waktu tambahan (extra time) setelah kedua tim bermain sama kuat 0-0 selama 90 menit waktu normal.

Pemain Bayern Muenchen itu mencetak gol indah menaklukkan tembok kokoh kiper Argentina Romero dengan kaki kirinya setelah dengan sempurna mengontrol bola umpan Schurrle dari kanan.

Kemenangan di Brasil ini merupakan gelar yang keempat bagi tim Panser setelah pada 1954, 1974, dan 1990, namun menjadi mahkota pertama sejak unifikasi (penyatuan Jerman Barat dan Jerman Timur) 24 tahun silam.

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Komentar