Indonesia juara festival paduan suara di Inggris

Mudah-mudahan apa yang diraih Shantell pada festival paduan suara internasional seperti di Llanggolen ini dapat semakin mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional
London (ANTARA News) - Paduan Suara Shantell Vocal Ensemble dari Indonesia merebut juara I pada kompetisi Adult Folksong Choir dan juara II pada kompetisi Female Choir di Llanggolen International Musical Eisteddfod di Inggris, yang berlangsung 8-13 Juli .

Lagu Lembe Lembe dan Cik Cik Periuk dibawakan dengan sangat apik oleh paduan suara yang mengenakan kostum dan gerak tari karya Budi Susanto Yohanes,  demikian Sekretaris Satu Fungsi Ekonomi KBRI London, Hastin Aristya Bakti Dumadi kepada Antara London, Selasa.

Kemenangan Shantell Vocal Ensemble adalah keberhasilan Indonesia setelah pada 2010 paduan suara Universitas Parahyangan merebut juara pertama Adult Folksong Choirs dan juara II pada kompetisi Mixed Choir.

Pada kompetisi Adult Folksong Choirs, Shantell mengalahkan Oregon Repertoire Singers dari Amerika Serikat, Mixed Choir KOOR dari Estonia, Dreyfoos School of Art Singers dari Amerika Serikat, dan lainnya.

Sementara untuk ketegori Female Choirs, juara pertama diraih oleh University Women Choir dari England, Inggris, juara dua Shantell Vocal Ensemble dari Indonesia dan juara tiga adalah Merched Ros dari Wales, Inggris.

Pada kategori ini, Shantell menyanyikan lagu Der Wasserman, Salve Regina dan Gamelan.

Mewakili Dubes RI London, Wakil Kepala Perwakilan RI Harry Kandou yang turut menyaksikan penampilan Shantell di Llanggolen mengatakan ikut bangga dengan penampilan Shantell yang membawakan lagu lengkap dengan kostum dan gerak tari yang memukau para penonton di Inggris.

Sebelum merebut kejuaraan pada kompetisi di Llanggolen ini, Shantell juga pernah memenangi Golden Diploma pada 3rd Voyage of Songs International Choir Festival di Thailand pada 2007 dan meraih Golden Diploma pada International Choir Competition Cantat Grand Prix di Praha, Ceko 2011.

Di bawah pimpinan Paulus Yoedianto dan bimbingan Avip Priatna, Shantell menjadi salah satu kelompok paduan suara wanita terbaik di Indonesia.

Llangollen International Musical Eisteddfod diadakan sejak tahun 1947 bertujuan untuk meningkatkan perdamaian dunia melalui musik dan tarian telah menjadi salah satu pesta musik terbesar di dunia.

Pendiri Shantell, Avip Priatna, yang bulan Juni lalu juga mengadakan konser paduan suara di London dengan berkolaborasi paduan suara Coro Chamber Choir juga menyatakan kebanggaannya atas prestasi Shantell.

"Mudah-mudahan apa yang diraih Shantell pada festival paduan suara internasional seperti di Llanggolen ini dapat semakin mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional," ujar Avip.

Shantell juga mendapatkan kesempatan untuk tampil di London pada konser yang diselenggarakan di The English Martyr pada tanggal 16 Juli mendatang.

Pewarta:
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Komentar