Cianjur (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menyiapkan dana Rp9 miliar, untuk mencetak hafidz Quran atau penghapal Al Quran, minimal satu orang di setiap desa yang ada di wilayah tersebut.

Bupati Cianjur Tjetjep Muchtar Soleh, Selasa, mengatakan gerakan tersebut diharapkan dapat terwujud awal tahun 2015, sekaligus untuk menyukseskan program Gerakan Pembangunan Masyarakat Beraklakulkarimah (Gerbang Marhamah).

"Untuk mencetak generasi Qurani di Cianjur ini, dibutuhkan kerja sama antara kaum ulama dan umaro yang senantiasa didasari atas semangat keikhlasan dalam melaksanakan apa yang telah diprogramkan," katanya.

Untuk aplikasi dari gerakan religi tersebut, tambah dia, harus melibatkan unsur tokoh agama di desa dan lembaga-lembaga keagamaan lainnya, terutama optimalisasi atas Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) di masing-masing desa.

LPTQ nantinya akan mengemban tugas dan tanggungjawab strategis untuk meningkatkan semangat umat Islam dalam membaca, mempelajari, dan mengamalkan isi Al Quran.
(KR-FKR)

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014