Mereka ini terdiri dari masyarakat umum yang konsisten melakukan pengamatan iklim,"
Jakarta (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan penghargaan kepada enam pengamat iklim terbaik karena dinilai konsisten melakukan pengamatan selama lebih dari 30 tahun.

"Mereka ini terdiri dari masyarakat umum yang konsisten melakukan pengamatan iklim," kata Kepala BMKG Andi Eka Sakya pada pembukaan rapat pembahasan prakiraan musim hujan 2014-2015 di Jakarta, Selasa.

Mereka yang mendapatkan penghargaan yaitu Sofyan Dahlan dari pos pengamatan kerja sama Stasiun Iklim Sicincin Sumatera Barat, seorang petani yang sudah bertugas sebagai pengamat sejak 1976 hingga sekarang.

Sugiyarto bertugas sebagai pengamat sejak 1985 hingga sekarang di pos kerja sama Stasiun Klimatologi Semarang.

Iskandar yang bekerja di Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Sumbawa mulai bertugas mengamati sejak 1987 di UPT BMKG Stasiun Klimatologi Klas I Kediri, Mataram.

Iskandar rutin mengirimkan data dan alat-alat yang digunakan masih terpelihara dengan baik termasuk telepon genggam dari pembagian HP sms Pos Hujan.

Norma Manimpurung merupakan pengamat pada Pos Hujan Pinolosian Sulawesi Utara. Pada 1996 saat dihubungi untuk menjadi pengamat, Norma datang ke Staklim Manado untuk mengambil penakar hujan dan memasang sendiri alat tersebut di UPTD Pinolosian.

Meski berkarir di Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Bolmong Selatan Sulut, Norma rajin mengirim data secara teratur.

Ismat, bertugas sebagai pengamat pada pos hujan kerja sama staklim Banjarbaru Kalimantan Selatan sejak 1987 hingga sekarang. Serta Suparlan yang bertugas sejak 1983 di pos kerja sama staklim Karangploso Malang.

Mereka terpilih darii 55 nominasi pengamat yang dikirimkan 29 UPT.


(D016/Y008)

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014