Lagos (ANTARA News) - Polisi Nigeria Selasa mengatakan pihaknya telah menangkap seorang komandan senior Boko Haram yang dikenal sebagai "Kepala Jagal" selama serangan di satu kamp pemberontak di timur laut yang bergolak.

Mohammed Zakari, 30, ditangkap Sabtu "setelah serangan besar oleh pasukan keamanan terhadap kegiatan kelompok pemberontak ", di Hutan Balmo di negara bagian Bauchi, kata sebuah pernyataan, lapor AFP.

Zakari yang terlibat dalam "pembantaian baru-baru ini atas tujuh orang, termasuk perempuan dan anak-anak," tambahnya.

Menurut polisi, Hutan Balmo adalah salah satu dari beberapa basis yang tersebar di seluruh daerah semak-belukar dari timur laut yang digunakan oleh kelompok ekstremis, yang disalahkan karena membunuh lebih dari 10.000 orang selama pemberontakan lima tahun.

Bauchi telah diserang berulang kali melalui konflik.

Zakari tidak banyak dikenal sebagai pemimpin terkemuka Islam, tetapi kelompok struktur komando yang dipandang retak, termasuk sel-sel otonom operasi melintasi utara yang dipimpin oleh individu yang mungkin tidak melaporkan kepada kelompok yang diakui pemimpin.

Boko Haram, yang ingin menciptakan negara Islam di utara, dipimpin oleh Abubakar Shekau, yang dinyatakan sebagai teroris global oleh Amerika Serikat dan disetujui oleh Dewan Keamanan PBB.


Penerjemah: Askan Krisna

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014