Saint-Etienne, Prancis (ANTARA News) - Pebalap sepeda asal Norwegia Alexander Kristoff memenangi etape ke-12 Tour de France yang menempuh 185,5km setelah adu sprint menjelang finis di Saint-Etienne, Kamis.

Peter Sagan meraih posisi kedua dalam etape itu untuk keempat kalinya pada Tour ini tanpa meraih kemenangan satu pun, sementara pebalap muda Prancis Arnaud Demare di posisi ketiga.

Pebalap Italia Vincenzo Nibali mempertahankan kaus kuning pemimpin balapan setelah mencapai finis di posisi aman bersama kelompok pebalap terdepan.

Sebanyak lima pebalap melepaskan diri ke depan pada sebagian besar balapan hari itu namun kemudian secara bertahap jumlah mereka berkurang dan tinggal menyisakan pebalap Australia Simon Clarke.

Namun dia dapat dikejar oleh pebalap Prancis Cyril Gautier dan Perrig Quemeneur saat balapan tersisa 20km tapi mereka mulai terhuyung-huyung saat tersisa 5km.

Tim Cannondale-nya Sagan mengambil alih posisi terdepan dalam upaya untuk mendorong pemimpin timnya itu ke depan untuk meraih kemenangan.

Beberapa pebalap spesialias sprint mulai melambat ke belakang dan membuat Sagan dan pebalap Jerman John Degenkolb berada di antara favorit untuk memenangi etape itu.

Tapi menyusul kemenangannya di Milan-San Remo pada Maret lalu, Kristoff meraih sukses keduanya pada musim ini.

Sedangkan Sagan sekali lagi masih harus mengincar kemenangan pertamanya pada tahun ini setelah memenangi empat etape pada dua edisi sebelumnya, demikian AFP.

(Uu.I015/Z002)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014