Banda Aceh (ANTARA News) - Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Orwil Aceh menyantuni sebanyak 70 orang penghuni panti jompo dan 90 kepala keluarga kaum dhuafa di Kota Banda Aceh.

"Ini merupakan kegiatan sosial sebagai rasa kepedulian anggota ICMI setiap bulan Ramadhan kepada warga kurang mampu dan penghuni jompo," kata Ketua Panitia ICMI "Peduli Dhuafa" Lailisma Sofyati di Banda Aceh, Senin.

Ia menjelaskan, penggalangan dana dilakukan dengan mengumpulkan dari sebagian anggota pengurus ICMI dan para donatur lainnya.

Lailisma menjelaskan, ICMI mengunjungi langsung para orang tua yang saat ini tercatat sebagai penghuni panti jompo di Banda Aceh.

"Sebuah kebahagian para orang tua yang menempati panti jompo saat kita mau berbagi kepada mereka," katanya menjelaskan.

Sementara itu, Ketua ICMI Orwil Aceh Farid Wajdi Ibrahim menjelaskan ICMI tetap komitmen pada kegiatan-kegiatan kemanusiaan dan pendidikan.

"Program kerja kami selama ini lebih pada kegiatan sosial membantu masyarakat dan pemerintah. Bidang pendidikan, ICMI juga mengambil peran memberikan solusi kepada pemerintah," kata Farid Wajdi.

Kegiatan sosial di Aceh, Farid yang juga Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh menjelaskan ICMI juga membantu orang kurang waras yang terpasung untuk diobati di rumah-rumah sakit pemerintah.

"Kami mencari warga kurang waras yang kehidupan sehari-harinya dipasung oleh anggota keluarganya. Kemudian kami membawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pengobatan yang layak," katanya menjelaskan. 

(A042/M026)

Pewarta: Azhari
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014