Bahan-bahan alami untuk membersihkan rumah

Bahan-bahan alami untuk membersihkan rumah

Perasaan jeruk lemon bisa menjadi bahan alami untuk membersihkan rumah. (www.public-domain-image.com)

Jakarta (ANTARA News) - Beberapa bahan alami bisa digunakan untuk membersihkan rumah, menggantikan bahan kimia pembersih yang kadang menimbulkan kekhawatiran meninggalkan sisa yang bisa berdampak buruk pada kesehatan.

Di laman Female First, Urszula Zaleska dari perusahaan penyedia layanan pembersih di Inggris, Hassle.com, memberikan beberapa alternatif bahan alami yang bisa digunakan untuk membersihkan rumah dan perlatan rumah sebagai berikut:

  1. Cuka putih cocok digunakan untuk lantai kayu dan merupakan desinfektan efektif untuk membersihkan permukaan yang terkena noda tanpa meninggalkan bau. Campuran 30 mililiter cuka putih berkeasaman sekitar 10 persen dengan tiga liter air bisa digunakan untuk mengepel lantai.
  2. Lemon adalah pembersih pintar yang bisa digunakan untuk membersihkan berbagai permukaan benda, membasmi kuman dan meninggalkan bau citrus yang wangi. Larutan beberapa tetes jus lemon dalam satu liter air bisa dipakai untuk bahan pembersih.
  3. Garam efektif untuk membersihkan permukaan benda yang berminyak dan lengket, seperti oven dan kompor. Caranya, taburkan garam pada permukaan yang terkena minyak dan lengket, lalu diamkan sekitar 10-15 menit dan permukaan berminyak dan lengket pun akan mudah untuk dibersihkan.
  4. Soda kue atau soda bikarbonat juga bahan yang cocok untuk menghilangkan kerak pada permukaan. Bahan ini juga dapat mengembalikan warna lantai yang terlihat kusam. Taburkan soda pada permukaan yang berkerak sedikit demi sedikit karena semakin luas kerak yang menempel semakin banyak membutuhkan bubuk. Biarkan soda selama setengah jam pada permukaan yang berkerak tapi kalau tak kunjung hilang cobalah diamkan sedikit lebih lama lagi.
  5. Roti putih pun merupakan bahan yang dapat digunakan untuk menghilangkan noda dan warna yang usang. Caranya, gunakan satu irisan roti putih kering (buang remahnya) yang sudah digulung hingga membentuk bola kecil lalu gosokkan pada bagian bernoda.

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2014

3 Komoditas pangan di Palangka Raya alami kenaikan harga

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar