... rute Jakarta-London via Amsterdam menggunakan pesawat terbang double aisles Boeing B-777-300ER... "
Jakarta (ANTARA News) - Menurut rencana, mulai 8 September ini, maskapai penerbangan Garuda Indonesia bakal mengarungi rute penerbangan Jakarta-London dan sebaliknya melalui Amsterdam.

"Sejalan program pemerintah yang berkomitmen meningkatkan nilai kerja sama antara kedua negara," kata Direktur Utama Garuda Indonesia, Emirsyah Satar, dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Jumat.

Komitmen pemerintah meningkatkan kerja sama itu antara lain karena diperkirakan total nilai kerja sama perdagangan kedua negara pada 2015 bisa mencapai hingga sebanyak 7 miliar dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp80 triliun.

Garuda Indonesia bakal melayani rute Jakarta-London via Amsterdam menggunakan pesawat terbang double aisles Boeing B-777-300ER yang merupakan salah satu pesawat termutakhir keluaran Boeing Company.

Boeing B-777-300 ER yang diberdayakan untuk penerbangan Jakarta-London itu berkapasitas 314 penumpang terdiri dari delapan kursi First Class, 38 kursi kelas bisnis, dan 268 kursi kelas ekonomi.

Menurut dia, pembukaan rute itu dinilai dapat mendorong aktivitas perekonomian sehingga dapat meningkatkan transaksi perdagangan kedua negara.

Ia mengungkapkan, Garuda akan melayani rute penerbangan tersebut sebanyak lima kali per pekan pada setiap hari Selasa, Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu.

Sebelumnya, Garuda Indonesia terus meningkatkan upaya konektivitas antarkota di berbagai daerah di Tanah Air, khususnya di wilayah Indonesia Timur yang masih menyimpan banyak potensi.

"Selain meningkatkan konektivitas antarkota di Indonesia, rencana layanan rute baru itu upaya Garuda Indonesia memperluas dan memperkuat jaringan penerbangannya di pasar domestik, khususnya berbagai wilayah terpencil di wilayah Indonesia Timur berpotensi ekonomi dan wisata," kata Satar.

Sebagaimana diketahui, Garuda Indonesia pada Rabu (23/7) telah melaksanakan penerbangan khusus rute Jakarta-Surabaya-Sumbawa Besar pp dengan menggunakan pesawat ATR 72-600 Explore.

Penerbangan khusus tersebut sebagai bagian dari rencana Garuda Indonesia yang akan melayani rute ke Sumbawa pada bulan September nanti menggunakan pesawat ATR 72-600 Explore yang berkapasitas 70 penumpang kelas ekonomi.

Pewarta: Muhammad Rahman
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014