Lagos (ANTARA News) - Wabah kolera telah dilaporkan di Negara Bagian Kano, Nigeria Baratlaut, dan menyebar ke 11 dewan lokal di daerah tersebut, kata seorang pejabat setempat pada Jumat.

Bello Abubakar dari Kementerian Kesehatan di negara bagian itu mengkonfirmasi wabah tersebut dan menyarankan warga Negara Bagian Kano agar melakukan langkah pencegahan untuk memeriksa penyebaran penyakit mematikan itu.

"Wabah penyakit tersebut telah dilaporkan di 11 daerah pemerintah lokal, jadi warga perlu melakukan langkah pencegahan yang diperlukan," kata Abubakar kepada wartawan, sebagaimana dikutip Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Jumat malam.

Ia menekankan perlunya bagi orang untuk mengkonsumsi hanya air minum yang aman dan bersih.

"Rakyat mesti menggunakan air aman untuk menyikat gigi mereka, serta mencuci dan menyiapkan makanan mereka. Mereka juga mesti memastikan bahwa mereka menyiapkan makanan mereka di tempat yang bersih dan mencuci peralatan dapur mereka dengan sabun dan air bersih," kata Abubakar.

Ia juga menyarankan orang agar memasak dan mengolah air mereka dengan produk klorin atau pembersih rumah tangga.

Namun ia tak bersedia mengatakan apakah sudah ada korban jiwa.

Kolera adalah penyakit akut yang menyerang perut dan membuat penderitanya diare dan muntah-muntah parah, sehingga mengakibatkan dehidrasi serius serta bisa mematikan jika tak diobati secara tepat.

(C003)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014