...lampu depan rumah, ada baiknya pilih lampu yang bisa diatur kalau siang mati dan malam nyala.
Bandung (ANTARA News) - Kegiatan mudik lebaran melalui jalan darat yang macet dan membuat kurang nyaman perlu diantisipasi agar perjalanan tetap bisa dinikmati, kata Istri Wali Kota Bandung, Atalia Kamil, di Bandung, Minggu.

"Yang penting dalam mudik itu menikmati perjalanan. Jadi semacet apapun, kalau dibuat senyaman mungkin maka perjalanan akan terasa menyenangkan," kata Atalia Kamil.

Terkait kenyamanan selama mudik, ia mengatakan ada beberapa hal yang harus dipersiapkan agar mudik menjadi menyenangkan.

"Pertama rumah jangan lupa dikunci, kompor dicek, listrik yang tidak perlu dimatikan, dan persiapkan kebutuhan secukupnya jangan sampai ada yang ketinggalan," katanya.

Atalia menyarankan agar jangan ada yang membuat orang lain tertarik kepada rumah kita, seperti lampu yang menyala di siang hari.

"Misalnya lampu depan rumah, ada baiknya pilih lampu yang bisa diatur kalau siang mati dan malam nyala. Sebab bila siang hari lampu menyala, itu mencurigakan," katanya.

"Bila sebelum mudik keadaan rumah dalam keadaan berantakan, saat kembali dari mudik kita harus beres-beres rumah kan capek," katanya yang menyarankan membereskan rumah sebelum bepergian jauh.

Untuk mengantisipasi anak yang agak rewel jika diajak perjalanan jauh, ia mengatakan agar membawa barang kesukaan anak.

"Anak atau bayi punya barang favorit yang membuat anak senang, seperti mainan atau boneka itu bisa dibawa juga demi kenyamanan mereka supaya tidak rewel," katanya.

Mengatur keuangan saat mudik dan lebaran juga merupakan hal penting, jangan sampai besar pengeluaran daripada pemasukan.

"Harus disediakan ekstra tabungan apakah dengan cara menabung atau dari uang THR, tapi harus disesuaikan dengan kemampuan kita, secukupnya saja jangan memaksakan," ujar dia.

"Bikin daftar pengeluaran, misalnya untuk perjalanan atau oleh-oleh, jadi manejemen keuangan keluarga dalam perjalanan tidak ikut tercampur karena sudah dipersiapkan sebelumnya," tukas Atalia.
(S033)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014