Manokwari (ANTARA News) - Umat Islam di Manokwari, Papua Barat, mensyukuri suasana damai dari dua peristiwa politik di Tanah Air pada 2014 ini yakni Pemilihan Umum Anggota Legislatif (Pileg) pada April dan Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) 9 Juli lalu

Al Ustadz Imam Husni, yang menjadi khatib pada shalat Idul Fitri 1435 Hijriah di Masjid Al Falaah Wosi, Manokwari, Senin pagi mengatakan, manusia diciptakan dari cinta dan kasih sayang, karena itu wajib menebar kemuliaan dan kemanusiaan demi tercipta suasana damai yang diperlukan bagi keberlangsungan kehidupan sosial.

Dia mengatakan, Pileg dan Pilpres yang damai yang diikuti dengan pengumuman atas hasil dari dua momentum politik itu tidak lepas dari adanya kesadaran sosial yang menghendaki aspek kemuliaan dan kemanusiaan sebagai perekat kebersamaan.

Pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1435 H di Manokwari, ibu kota Provinsi Papua Barat itu, berlangsung khidmat di semua masjid. Sejak pagi, umat berbondong-bondong menuju ke masjid-masjid di mana tahlil dan tahmit, terus berkumandang sejak takbiran pada Minggu malam (27/7).

Di Masjid Al Falaah Wosi, yang termasuk dalam salah satu masjid besar di Kota Manokwari, umat Islam meluber hingga ke emperan untuk mengikuti Shalat Idul Fitri 1435 H. Hal itu memperlihatkan animo umat untuk menyempurnakan ibadah dalam merayakan kemenangan melawan hawa nafsu selama bulan Ramadhan.

Antara yang memantau situasi di Manokwari sejak Minggu malam melaporkan, di pasar-pasar di ibu kota Provinsi Papua Barat itu berlangsung takbiran di semua masjid. Sementara pasar-pasar dan pusat pertokoan dijejali warga yang berbelanja keperluan perayaan Idul Fitri.

Sejumlah pedagang memanfaatkan kesempatan untuk menjual anyaman ketupat. "Kita tidak tahu anyam jadi membeli saja di pasar, tinggal diisi dengan beras dan dimasak," kata Ny. Khadijah, salah seorang warga Wosi, Manokwari, yang ditemui ketika membeli anyaman ketupat di Pasar Sanggeng.

Pelaksanaan Shalat Idul Fitri di berbagai masjid di Manokwari berlangsung dalam suasana yang kondusif. Meskipun demikian, di masjid-masjid, tampak aparat kepolisian berjaga-jaga, guna menciptakan rasa aman bagi umat Islam yang melaksanakan shalat dan merayakan hari kemenangan. (K006/Z002)

Pewarta: Key Tokan A. Asis
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014