Jakarta (ANTARA News) - Sebagian besar toko di pusat grosir Pasar Pagi Asemka, Jakarta Barat, mulai beroperasi pada H+7 Lebaran atau 4 Agustus 2014.

"Kebanyakan toko di sini mulai buka tanggal 4 Agustus atau Senin depan," kata pemilik Toko Rohid, Rohid (46), di Pasar Pagi Asemka, Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan bahwa hanya ada sekitar lima hingga 10 toko yang buka dari keseluruhan
toko di gedung lima lantai tersebut.

"Itu pun toko yang buka cuma di lantai basement, lantai satu sampai lima enggak ada yang buka," ujar pedagang yang sudah 10 tahun menjual aksesori wanita itu.

Rohid yang membuka tokonya karena tak mudik Lebaran ke Padang, Sumatera Barat itu mengatakan bahwa walaupun pembeli tak banyak yang mendatangi Pasar Asemka, namun
keuntungan yang didapatkannya cenderung stabil.

"Toko lain kan pada tutup, jadi para pembeli banyak yang belanja di toko saya, jadi untungnya tetap seperti hari biasa," kata Rohid yang menargetkan penjualan Rp1 juta
di H+2 Lebaran ini.

Hal senada juga dinyatakan pedagang lain, Amirullah (31). Pemilik Toko Cendana ini mengatakan bahwa Pasar Pagi Asemka memang akan beroperasi seperti hari biasa pada Senin mendatang (4/8).

"Biasanya di sini emang lama baru buka kembali, beda dengan tempat-tempat lain yang
sudah buka di hari ketiga lebaran," kata pedagang aksesori wanita dan mainan anak tersebut.

Pengunjung yang datang ke pusat grosir ini mengaku tidak mengetahui bahwa Pasar Pagi
Asemka baru akan beroperasi penuh 4 Agustus.

Misalnya Yulianus Panggabean (49), pengunjung asal Cikini, Jakarta Pusat, yang  mengira pusat grosir ini sudah mulai buka pada hari ini.

"Saya kira sudah buka, saya rencananya mau beli barang-barang untuk dijual lagi di toko saya, tapi ternyata masih sepi begini," katanya.

Pewarta: Try Reza Essra/Teguh Handoko
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014