Roma (ANTARA News) - Satu kapal yang dikatakan membawa 150 orang tenggelam sekitar 100 kilometer dari Ibu Kota Libya, Tripoli, dan menewaskan sedikitnya 20 migran Afrika dan membuat puluhan orang lagi hilang, kata media Italia pada Rabu.

Menurut beberapa sumber Libya yang dikutip oleh kantor berita ANSA, 22 orang diselamatkan oleh tim pertolongan Libya, demikian laporan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Rabu malam. Para penyintas mengatakan mereka berusaha menyeberangi Laut Tengah menuju Italia dan ada sebanyak 150 orang di kapal tersebut.

Sementara itu, dalam satu peristiwa terpisah lebih dari 100 orang Afrika dibawa ke satu pelabuhan Sicilia setelah diselamatkan oleh kapal misi patroli pencarian-dan-pertolongan Pemerintah Italia Mare Nostrum, atau Laut Kami, dalam beberapa jam belakangan di lepas pantai Italia Selatan, tambah ANSA.

Pantai Italia Selatan digunakan sebagai tempat masuk ke dalam wilayah Eropa buat pengungsi Afrika. Italia telah berusaha meminta bantuan dari Uni Eropa dalam menangani apa yang telah menjadi kondisi darurat, tapi sejauh ini tak ada langkah mencolok yang telah dilancarkan.

Arus pengungsi tersebut terus meningkat, sehingga mengakibatkan sedikitnya 500 kematian di laut sejak awal 2014, demikian perkiraan Komisariat Tinggi PBB Urusan Pengungsi (UNHCR).

(C003)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014