Simpang Ampek, Sumbar (ANTARA News) - Arus balik Lebaran Idul Fitri 1435 Hijriah di jalan lintas manggopoh mulai dari Simpang Ampek sampai Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat mulai dipadati kendaraan.

Pantauan di lapangan, dibandingkan sehari sebelumnya ada peningkatan arus balik terutama kendaraan roda dua. Kendaraan itu banyak datang dari Ujung Gading dan Simpang Ampek.

"Saya memilih berkendaraan roda dua untuk mudik sekaligus balik karena lebih mudah dan irit," kata salah seorang mahasiswa, Pero (21) yang ingin balik ke Kota Padang, Sabtu.

Para pemudik mengaku sengaja memilih jalan manggopoh untuk menuju Kota Bukittinggi atau Kota Padang, guna menghindari macet panjang di Koto Baru, Padang Panjang, Lembah Anai dan Sicincin.

"Saya dari Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman hendak menuju Kota Padang. Saya lebih memilih menempuh jalan Manggopoh karena jika jalan Bukittinggi maka akan terjebak macet panjang," kata Pero.

Sementara itu, Rian (27) mengatakan ia sengaja balik ke Kota Padang hari ini karena kemungkinan pada Minggu (3/8) puncak macet akan terjadi.

"Kemungkinan Minggu aman ramai karena merupakan hari terakhir libur lebaran,"

Menurutnya pangendara harus hati-hati, kalau tidak akan ditabrak para pengemudi kendaraan roda dua lainnya karena padatnya sepeda motor yang melintas. Apalagi jalan yang ada di Kinali sempit," ujarnya.

Selain itu, truk tronton pembawa kelapa sawit juga banyak yang jalan sehingga menyulitkan para pengemudi kendaraan roda empat dan sepeda motor.

Kendaraan mulai padat, terlihat pengemudi kendaraan roda dua, roda empat dan truk tronton sudah mulai memenuhi seluruh badan jalan yang ada di jalan lintas tersebut.

Kalau tidak hati-hati tentu akan terjadi tabrakan, apalagi mereka berboncengan.

"Selain berboncengan, para pengemudi kendaraan roda dua ini rata-rata juga membawa barang," katanya.

Ia menyebutkan padatnya arus balik pada Sabtu dan Minggu (3/8) karena Senin (4/8) para pegawai negeri sipil dan perguruan tinggi mulai masuk.

Kepala Satuan Lalu-Lintas Polres Pasaman Barat, AKP Rio Sigal Hasibuan mengimbau pengendara agar selalu meningkatkan kewaspadaan pada arus balik lebaran ini.

"Kewaspadaan tetap dengan memakai kelengkapan berkendaraan seperti helm, SIM, STNK, kaca spion dan lainnya," katanya mengingatkan.

(KR-MLN/I006)

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014