Bintang 'Gravity' Sandra Bullock memang tidak meraih aktris terbaik tahun ini, namun dia mendapatkan satu ton uang.
Jakarta (ANTARA News) - Pemenang Oscar Sandra Bullock merupakan aktris Hollywood dengan bayaran tertinggi berkisar 51 juta dolar selama 12 bulan, diikuti oleh Jennifer Lawrence dan Jennifer Aniston, seperti yang dilaporkan majalah Forbes dalam Reuters.

Bullock (50) meraih tahun lalu dengan film space thriller-nya berjudul "Gravity", yang memenangkan tujuh Academy Awards termasuk sutradara terbaik untuk Alfonso Cuaron, dan menghasilkan lebih dari 716 juta dolar di seluruh dunia.

Peraih Oscar kategori aktris terbaik tahun 2010 untuk film "The Blind Side" tersebut melompat dari peringkat ketujuh dalam daftar Forbes sebelumnya ke posisi teratas antara bulan Juni 2013 sampai Juni 2014.

"Bintang 'Gravity' Sandra Bullock memang tidak meraih aktris terbaik tahun ini, namun dia mendapatkan satu ton uang," seperti yang dikutip Reuters dalam Forbes.com.

Aktris "Hunger Games" Lawrence (23) berada di posisi kedua dalam dua berturut-turut dengan perkiraan pendapatan 34 juta dolar, sementara Aniston (45) naik satu peringkat ke posisi ketiga dengan pendapatan 31 juta dolar.

Forbes menyusun daftar dengan memperkirakan pendapatan aktris-aktris tersebut dalam film, endorsement, residual dan iklan, dengan berbicara kepada agen, manajer dan pengacara mereka.

Gwyneth Paltrow (41) yang memperoleh pendapatan berkisar 19 juta dolar dan Angelina Jolie dengan 18 juta dolar melengkapi posisi lima besar. Jolie (39) turun dari peringkat satu tahun lalu.

Scarlett Johansson, bintang berusia 29 tahun dari film action thriller science fiction "Lucy," di posisi ketujuh dengan pendapatan 17 juta dolar, dan bintang film "Twilight" Kristen Stewart (24) jatuh dari posisi tiga tahun lalu ke posisi sepuluh dengan pendapatan 12 juta dolar.

Meskipun semua aktris memperoleh pendapatan yang besar, Forbes mengatakan perempuan masih berpenghasilan lebih sedikit dibandingkan pria di Hollywood. 

Sementara sepuluh aktor berpenghasilan tertinggi memperoleh pendapatan total 419 juta dolar, sepuluh aktris Hollywood berpenghasilan tertinggi memperoleh pendapatan total 226 juta dolar dalam periode waktu yang sama. Demikian Reuters. (*)

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014