Las Vegas (ANTARA News) - John McAfee, pionir industri perangkat lunak anti-virus membuat penampilan kejutan pada konferensi hacker komputer, Jumat malam (8/8), dengan memperkenalkan situs baru agar orang-orang bisa melampiaskan kemarahan mereka.

McAfee mendirikan situs ini agar orang biasa menyampaikan keluhan apa pun, seperti korupsi pemerintah atau produk konsumen yang buruk.

Situs ini dinamakan BrownList (www.brownlist.com/) dengan motto "It's payback time".

"Ini penyaluran kemarahan dengan cara yang positif," katanya dalam wawancara singkat sebelum mengambil alih panggung di Def Con, konferensi komputer hacker terbesar di dunia. "Daripada marah-marah dan menyalahkan orang lain di jalan, atau meneriaki istrimu, kamu bisa mendaftar pada situs itu."

BrownList menawarkan sebuah forum bagi pengguna untuk mengajukan keluhan tertentu dan sekaligus mengusulkan solusi. Saran terbaik akan dipilih oleh anggota situs.

"Daripada menyerang orang, berikan kami solusi positifmu," katanya di depan ratusan peserta konferensi tiga hari itu.

McAfee mengatakan kepada Reuters bahwa rencananya untuk menghasilkan uang dengan menyediakan layanan subscription ke bisnis.

Pengusaha Inggris-Amerika adalah pendiri pada tahun 1987 dari McAfee, seorang pionir perangkat lunak anti-virus komputer yang kemudian menjualnya ke Intel Corp pada 2010.




Penerjemah: Okta Antikasari
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014