"Soekarno" dan "Sang Kiai" bersaing di Festival Film Bandung

"Soekarno" dan "Sang Kiai" bersaing di Festival Film Bandung

Film Soekarno Aktor Ario Bayu (kanan) beradu akting bersama aktor Lukman Sardi saat syuting film " Soekarno Indonesia Merdeka!" di Kebun Raya, Bogor, pada foto Juli 2013 (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Bandung (ANTARA News) - Film layar lebar "Soekarno" dan "Sang Kiai" bersama tiga lainnya dipastikan bersaing untuk meraih predikat film terpuji versi Festival Film Bandung (FFB) yang pemenangnya dijadwalkan diumumkan di Monumen Perjuangan Rakyat Jabar, 13 September.

Selain kedua film itu, tiga judul film lain masuk unggulan terpuji FFB ke-27 yakni "Tenggelamnya Kapal van Der Wijk", "Adriana". dan "Sokola Rimba".

"Kelimanya masuk nominasi film terpuji di FFB berdasarkan hasil penilaian tim juri, rencananya puncak penganugerahan film terpuji akan digelar di Monumen Perjuangan Rakyat Jabar, 13 September 2014," kata Ketua FFB 2014 Eddy D Iskandar di Bandung, Selasa.

Kategori pemeran utama putra, bersaing antara Ikranagara (Sang Kiai), Joe Taslim (La Tahjan), Ario Bayu (Soekarno), Herjunot Ali (Tenggelamnya Kapal van Der Wijk) dan Alex Komang (Sebelum Pagi Terulang Kembali).

Sementara itu nominee pemeran utama wanita terpuji Atiqah Hasiholan (La Tahzan), Adinia Wirasti (Laura dan Marsha), Prisia Nasution (Sokola Rimba), Pevita Pearce (Tenggelamnya Kapal van Der Wijk), Eriska Rein (Bajaj Bajuri The Movie).

"Menariknya nominee pada kategori film ini ada dua yang berkisah tentang tokoh besar, serta ada juga mengangkat sebuah novel klasik," kata Eddy.

Ia menyebutkan, pengamatan sejak 1 Mei 2013 hingga 31 Juli 2014 dengan fokus di bioskop-bioskop Kota Bandung yang merupakan salah satu kota tolok ukur peredaran film nasional maupun impor.

Hasil pengamatan, tim penilai mendapatkan 123 judul film nasional dan 160 film impor. Jumlah itu lebih banyak dibandingkan pada FFB 2013 yang hanya 123 ujul dan 160 judul film impor.

"Nominasinya yakni 11 untuk film nasional, tiga untuk sinotrol serial dan lima untuk film TV," kata Eddy.

Penyelenggaraan FFB 2014 merupakan yang ke-27 sejak didirikan pada tahun 1987.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Satu PDP asal Bangladesh meninggal dunia di RSUD Soekarno Babel

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar