Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah delegasi khusus kebudayaan dan ekonomi Taiwan atau CPC Corporation & Sino-Indonesia Cultural & Economic Association asal Taiwan menemui pihak Kementerian Perindustrian pada Selasa terkait minat mereka untuk berinvestasi di Indonesia.

"Jadi ada delegasi khusus ekonomi dan kebudayaan Taiwan yang tadi kami temui. Mereka ingin berinvestasi untuk membangun kawasan industri," kata Wakil Menteri Perindustrian Alex Retraubun di Jakarta, Selasa.

Dalam pertemuannya, Alex memaparkan beberapa hal yang ingin diketahui oleh para delegasi tersebut diantaranya beberapa fasilitas yang ditawarkan kementerian dan pemilihan lokasi yang sesuai dengan industri yang ingin dibangun.

"Mereka ingin tahu fasilitas apa saja yang diberikan bila mereka berinvestasi di sini. Tentu kita tahu fasilitas seperti tax holiday dan tax allowance akan diberikan oleh Kemenperin. Nah mereka ingin tahu hal ini," katanya.

Dia mengatakan pihak delegasi tertarik untuk membangun industri di bidang elektronik. Alex pun mengusulkan agar industri dibangun di Pulau Jawa. "Kalau elektronik yang high tech itu tidak mungkin di luar Pulau Jawa, harus di Pulau Jawa. Kawasan-kawasan industri yang potensial ya Jawa Barat. Sekitar Cirebon," katanya.

Selain di bidang elektronik, perwakilan tersebut juga menyatakan ketertarikannya untuk membangun industri di bidang tenaga surya dan petrokimia.

Sementara meski menyambut baik keinginan para pengusaha Taiwan untuk berinvestasi di Tanah Air, pemerintah belum mendapat kepastian waktu dan besaran dana yang akan diinvestasikan. Meski demikian, Alex optimistis mereka akan berinvestasi tahun ini.

"Mereka belum sebut angka sama sekali. Tapi saya yakin tahun ini mereka realisasikan niatnya itu," katanya.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014