Amazon.com bangun toko fisik dengan kartu gesek

Amazon.com bangun toko fisik dengan kartu gesek

amazon (istimewa)

San Francisco (ANTARA News) - Amazon.com Inc meluncurkan kartu kredit seharga 10 dolar AS dan aplikasi mobile untuk bisnis toko fisiknya yang menandai langkah terbaru pengecer online asal AS tersebut untuk memperluas kehadirannya di dunia fisik.

Langkah ini merupakan trobosan Amazonuntuk membunuh pesaingnya, termasuk Square, yang memopulerkan pembayaran dengan dongle (perangkat yang terhubung ke komputer untuk akses ke broadband nirkabel atau penggunaan perangkat lunak yang dilindungi) yang memungkinkan usaha kecil dan menengah seperti warung makan, kedai kopi dan pelatih pribadi untuk cepat menerima kartu kredit dan kartu debit.

Menurut data pemerintah AS, seperti ditulis Reuters, sistem baru Amazon yang disebut point-of-sale tersebut akan memberi data penting bagi Amazon mengenai bagaimana konsumen AS berbelanja offline. Lebih dari 90 persen penjualan ritel AS masih terjadi di toko fisik.

Amazon berharap memperkarakan usaha kecil sebagian dengan membebankan fee lebih rendah dari Square dan PayPal milik eBay Inc. Mereka yang mendaftar pada program Amazon sebelum 31 Oktober akan dikenakan biaya 1,75 persen untuk setiap menggesekkan kartu sampai Januari 2016.

Bagi mereka yang mendaftar setelah Oktober, Amazon akan mengambil potongan 2,5 persen dari setiap menggesek kartu, masih kurang dari 2,75 persen kurs transaksi Square dan 2,7 persen kurs transaksi PayPal, demikian Reuters.



Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Ridwan Kamil rangkul Amazon berinvestasi belasan triliun Rupiah di Jabar

Komentar