Kurangi ketergantungan pada beras dan nasi

Kurangi ketergantungan pada beras dan nasi

Bupati Pangelang, Erwan Kurtubi. (pandeglangkab.go.id)

... punya banyak talas beneng, pisang, sukun, dan jenis pangan lain yang sebenarnya bisa dijadikan pengganti nasi... "
Pandeglang, Banten (ANTARA News) - Bupati Pandeglang, Erwan Kurtubi, menyatakan, konsumsi pangan masyarakat di daerah itu masih tergantung pada nasi.

"Masyarakat kita masih tergantung pada nasi, karena itulah konsumsi pangan juga masih relatif rendah," katanya, di Pandeglang, Banten, Kamis.

Pemerintah Kabupaten Pandeglang, kata dia, sebenarnya terus berupaya menyosialisasikan diversifikasi pangan pada masyarakat untuk menghilangkan ketergantungan pada nasi.

Di Pandeglang, kata dia, sebenarnya cukup banyak bahan pangan dengan kualitas cukup bagus dan dapat dijadikan alternatif pengganti nasi.

"Kita punya banyak talas beneng, pisang, sukun, dan jenis pangan lain yang sebenarnya bisa dijadikan pengganti nasi," katanya.

Namun demikian, kata dia, secara bertahap optimistis ketergantungan masyarakat terhadap nasi bisa dikurangi, yang penting sosialisasi terus dilaksanakan.

Kepala Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Pandeglang, Nuriyah, menyatakan, masyarakat terus didorong untuk mengkonsumi makan lain selain nasi.

"Kami akan terus berupaya mengajak warga agar mau mengkonsumi jenis makanan lain," katanya. Di Kabupaten Pandeglang banyak makanan lain yang bisa dijadikan sebagai pengganti nasi, terutama jenis umbi-umbian.

Pewarta:
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Komentar