Kapolda Maluku pimpin pawai obor HUT RI

Kapolda Maluku pimpin pawai obor HUT RI

Kapolda Maluku Brigjen Polisi Murad Ismail menyalakan obor kepada perwakilan peserta pawai obor saat upacara taptu di pelataran Benteng Victoria, Ambon, Maluku, Sabtu (16/8) malam. Pawai mengelilingi sejumlah ruas jalan di Kota Ambon tersebut diikuti unsur TNI/Polri, PNS, pelajar dan Pramuka yang digelar dalam rangka memepringati HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-69. (ANTARA FOTO/izaac mulyawan)

Ambon (ANTARA News) - Kapolda Maluku Brigjen Pol Murad Ismail memimpin pawai obor jelang peringatan HUT Kemerdekaan Ke-69 RI, di Ambon, Sabtu (16/8) malam.

Sebelum pawai obor mengelilingi sejumlah ruas jalan di ibu kota provinsi Maluku tersebut, Kapolda Murad Ismail juga menjadi inspektur upacara Taptu atau apel kesiapan jelang peringatan HUT Kemerdekaan yang dipusatkan di depan markas Detasemen Kavaleri 5 BLC Kodam XVI/Pattimura.

Kapolda yang didampingi Gubernur Maluku Said Assagaff dan Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Meris Wiryadi menyulut obor menandai dimulainya pawai obor keliling ibu kota provinsi Maluku tersebut.

Pawai mengelilingi sejumlah ruas jalan di pusat kota tersebut diikuti personel TNI/Polri, PNS, satuan polisi pamong praja (Satpol PP), pelajar dan Pramuka menarik perhatian warga yang sedang beraktivitas.

Kemacetan arus lalu lintas terjadi di beberapa ruas jalan saat pawai obor diiringi drum band Kodam Pattimura dan SMA Xaverius Ambon tersebut.

Puluhan personel Lalu Lintas dibantu aparat TNI diterjunkan untuk membantu mengatur arus lalu lintas pada ruas jalan yang dilewati rombongan pawai obor tersebut.

Selain Taptu dan pawai obor, pimpinan dan anggota TNI Polri, PNS, pelajar dan pramuka juga mengikuti upacara renungan suci dan tabur bunga yang dipusatkan di Makam pahlawan Kapahaha, Tantui Ambon, dipimpin Pangdam Meris Wiryadi.

Kapolda Murad Ismail berharap berbagai kegiatan yang dilakukan jelang HUT Kemerdekaan RI tersebut, tidak hanya sebatas seremonial, tetapi menjadi momentum bagi seluruh komponen masyarakat untuk merenungkan kembali nilai kepahlawanan dalam memperoleh kemerdekaan bangsa.

Jasa para pahlawan yang gugur saat memperjuangkan kemerdekaan bangsa dan negara ini harus terus dikenang sepanjang masa, kata Pangdam Meris Wiryadi.

Momentum peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada Minggu (17/8) akan dilanjutkan dengan agenda upacara HUT Kemerdekaan RI yang akan berlangsung di Lapangan Merdeka Ambon, pukul 10.00 WIT, dipimpin Gubernur Maluku Said Assagaff sebagai inspektur upacara.
(KR-JA/Z002)

Pewarta: Jimmy Ayal
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Indeks kemerdekaan pers di Sultra tertinggi se-Indonesia

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar